Apa itu buah Bit? Buah yang bisa mencegah pikun

TEKNOFLAS.COM – Apakah Anda sudah pernah mencoba buah bit? Sebenarnya, buah bit adalah tanaman umbi-umbian yang hidup di dalam tanah seperti singkong, bukan buah yang selama ini kita sangka. Rasa dari buah bit tergolong unik, namun manfaat yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang memiliki warna merah keunguan ini mengandung banyak sekali nutrisi yang dinilai baik untuk menjaga kesehatan tubuh, menjaga tekanan darah, dan juga menurunkan risiko munculnya penyakit kanker.

Buat bit sudah sejak lama dipakai untuk dijadikan obat alami. Sebab, tanaman ini mengandung berbagai nutrisi diantaranya protein, karbohidrat, vitamin C, folat, natrium, magnesium, dan masih banyak lagi. Selain itu, buah bit juga rendah kalori dan lemak. Tanaman ini tidak mengandung kolesterol dan juga lemak jenuh serta mengandung banyak antioksidan.

Manfaat Buah Bit Bagi Tubuh

Karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, buah bit bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah Pikun

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah bit juga dinilai mampu untuk meningkatkan aliran darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh, termasuk juga otak. Selain itu, buah bit juga dinilai baik untuk membantu dalam mencegah berkembangnya gejala pikun. hal tersebutlah yang menjadi salah satualasan mengapa buah bit sangat baik untuk dikonsumsi lansia.

2. Meningkatkan Kinerja Fisik

Dengan mengonsumsi jus buah bit secara teratur, tubuh akan memperoleh stamina secara maksimal. Sehingga Anda dapat lebih semangat untuk beraktivitas. Manfaat tersebut juga telah terbukti dari sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa kandungan nitrat yang ada di dalam buah ini bisa meningkatkan kinerja fisik serta stamina dalam tubuh.

Baca Juga  7 Cara Memakai Lemon Untuk Kecantikan & Kesehatan

3. Menurunkan Tekanan Darah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa buah bit mengandung banyak nitrat yang bisa diubah menjadi nitrit oksida di dalam tubuh. Zat tersebut berfungsi untuk menurunkan serta menjaga kestabilan tekanan darah. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa jus buah bit mampu membantu tubuh dalam mengurasi tekanan darah walaupun hanya sedikit. Manfaat tersebut dinilai berasal dari pigmen merah betalain serta kandungan antioksidan yang ada di dalam buah bit.

4. Mengendalikan Kadar Gula di Dalam Darah

Perlu Anda ketahui bahwa buah bit ternyata baik dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita penyakit diabetes. Sebab, buah bit mengandung senyawa kimia yang bisa membantu dalam mengendalikan kadar glukosa dan juga insulin di dalam tubuh. Tak hanya itu, buah bit juga mengandung antioksidan asam alpha-lipoic yang dinilai bisa mencegah kerusakan sel serta memperbaiki saraf yang rusak pada penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Banyak kandungan serta yang ada di dalam buah bit membuatnya bermanfaat untuk menjada kesehatan pencernaan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa serat memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan yang terjadi di dinding saluran pencernaan akibat adanya peradangan, konstipasi, dan juga kanker usus besar. Tak hanya itu, senyawa betaine yang ada di dalam buah bit juga bisa mengurangi kembuh, mengontrol pertumbuhan bakteri baik, mencegah intoleransi makana, dan juga meningkatkan penyerapan nutrisi.

6. Mengatasi Peradangan di Dalam Tubuh

Peradangan adalah salah satu respon alami tubuh untuk melawan benda asing. Akan tetapi, peradangan yang berlangsung lama dan tidak ditangani dapat menyebabkan pembuluh darah serta jaringan tubuh menjadi rusak. Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi buah bit secara rutin. Terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang ada di dalam buah bit. Dimana nutrisi tersebut bisa mengatasi peradangan serta mencegah adanya kerusakan yang bisa terjadi.

Baca Juga  Penuhi Kebutuhan Serat Harian Dengan Konsumsi Buah Tinggi Serat

Selain berbagai macam fungsi di atas, buah bit juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tanaman umbi ini sangat kaya akan folat yang bisa membantu dalam mencegah cacat tabung saraf pada janin serta mencegah risiko bayi terlahir prematur. Akan tetapi, konsumsi buah bit pada ibu hamil tetap harus dibatasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *