Saham GOTO naik

Saham GOTO Mulai Merangkak. Bagaimana Dengan Saham Bukalapak?

TEKNOFLAS.COM, Jakarta – PT GoTo Gojek Harga saham Tokopedia Tbk (GOTO) belakangan menunjukkan pergerakan positif. Selama seminggu, harga saham emiten teknologi itu naik 22,58%.

 

Sementara saham teknologi lainnya, seperti PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), melakukan langkah berbeda. Saham BUKA masih di zona merah, turun 7,24% untuk minggu ini.

 

Lantas, mengapa harga saham GOTO naik di tengah pelemahan pasar saham teknologi?

 

Analis Samuel Sekuritas Farras Farhan mengatakan penguatan saham GOTO bertepatan dengan munculnya sentimen pada laporan keuangan. Perusahaan tersebut dikabarkan akan merilis laporan keuangannya pada Senin (30/5).

 

Rumor mengatakan bahwa kinerja GOTO telah meningkat secara relatif. Namun yang perlu Anda perhatikan di GOTO adalah bagaimana ketiga pilar bisnis Anda dijalankan.

 

Tapi Feras berpikir pasar telah mengembangkan sikap “fantastis” terhadap kabar baik ini. Namun, rumor tersebut mungkin masih menjadi sentimen terhadap pergerakan saham GOTO. “Kembali ke hasil yang sebenarnya. Firas menjelaskan kepada Kontan.co.id pada Kamis (26/5) bahwa hasilnya tidak sesuai dengan yang dilaporkan dan bisa menjadi stimulus negatif.”

 

CEO Edvisor.id Brasca Putrantio mengatakan, peningkatan saham GOTO tidak lepas dari rencana GOTO untuk menempatkan 118,4 miliar saham Seri A secara pribadi. Dana baru tersebut akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja kelompok-kelompok seperti PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa dan PT Multifinance Anak Bangsa.

 

“Hal ini menimbulkan ekspektasi positif investor terhadap outlook GOTO. Meski pembicaraan mengenai rencana tersebut masih relatif dekat dengan BEI,” jelas Brasca.

 

Dari sisi valuasi, Firas menilai saham GOTO relatif bagus dibandingkan dengan rekan-rekan regional dan globalnya. Ada beberapa faktor yang membuat valuasi saham GOTO relatif baik.

Baca Juga  5 Tanda Seseorang Siap Memulai Sebuah Bisnis

 

Pertama, momentum koreksi saham teknologi global dan regional, seperti penurunan saham Grab dan Sea Ltd. Kedua, GOTO memiliki transfer pendapatan yang relatif rendah ke GMV (Gross Merchandise Value).

 

Di sektor teknologi, saham BUKA relatif menarik. BUKA sangat menarik berkat peningkatan pendapatan Q1 2022. Samuel Securitas merekomendasikan untuk membeli saham BUKA dengan target harga Rs 370.

 

Dalam makalah tertanggal 19 Mei 2022, analis Trimegah Sekuritas, yang terdiri dari Heribertus Ariando, Richardson Raymond, Willinoy Sitorus, Prasetya Gunadi, Ignatius Samon dan Kimberly Bianca, menilai keunggulan GOTO dalam mempertahankan posisinya. Pertama, sistem e-grocery Tokopedia Now dan TokoCabang tampaknya menjadi salah satu fokus GOTO di masa depan di mana dinamika perilaku konsumen saat ini tidak hanya menuntut kenyamanan tetapi juga kecepatan.

 

Kedua, ini adalah peluang sinergis untuk meningkatkan penggunaan dan loyalitas lintas aplikasi. Trimegah percaya bahwa program loyalitas terintegrasi seperti GoPay Coin dapat membantu mengurangi biaya pelanggan dan meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.

 

Dalam hal ini, GoTo memiliki akses ke kemitraan perbankan digital (Bank Jago), yang digabungkan untuk menyediakan transaksi dan layanan perbankan yang lancar dan terintegrasi kepada kliennya dengan departemen keuangan yang kuat yang memiliki dompet elektronik (GoPay).

 

Ketiga, adanya ekosistem dimana konsumen dapat menemukan segala macam kebutuhan sehari-hari. Keempat, banyak potensi di banyak layanan seperti GoTo Financial, GoTo Ads, kendaraan listrik, dan peluang baru lainnya yang belum dimanfaatkan.

 

Trimegah Sekuritas merekomendasikan untuk membeli saham GOTO dengan target harga Rs 380 per saham. Beberapa berpendapat bahwa penilaian P/S Goto sangat baik. Namun Trimegah melihat ini sebagai peluang. GOTO menyediakan fitur lingkungan yang kuat. Namun, risiko dari rekomendasi ini termasuk persaingan yang semakin ketat dan ekonomi yang lemah.

Baca Juga  5 Langkah Mudah Cari Investor Untuk Pengembangan Usaha

 

Artikel ini diposting di Kontan dengan judul Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Mulai Bangkit, Faktor Ini Disinyalir Jadi Penyebab

Leave a Reply

Your email address will not be published.