Apakah Sering Mendengkur Berbahaya Saat Tidur
Apakah Sering Mendengkur Berbahaya Saat Tidur?

Apakah Sering Mendengkur Berbahaya Saat Tidur? Berikut Kata Ahli Dari Unair

TEKNOFLAS.COM – Apakah Anda mendengkur atau sering saat tidur? Kebiasaan ini sering dianggap normal dan normal. Namun, sering dianggap sebagai akibat dari kelelahan.

Elfrida Fausthina Lani, dokter Pusat Layanan Kesehatan Universitas Irlandia (PLK Unair), mengatakan kebiasaan mendengkur disebabkan oleh penyempitan saluran udara.

Namun, dalam kasus, mendengkur dibagi menjadi dua bagian: normal dan tidak normal.

Dr Alfrida menjelaskan, mendengkur merupakan hal yang wajar ketika seseorang sangat lelah atau sedang sakit ringan.

Dalam hal ini, kebiasaan mendengkur hilang seiring dengan bertambahnya kelelahan atau penyakitnya pulih. Di sisi lain, dengkuran yang tidak normal atau tidak normal dapat terjadi ketika Anda sudah cukup tidur tetapi masih tertidur.

“Bagaimana dengan dengkuran yang tidak normal? Ini adalah ketika seseorang mendengkur dan tidur cukup selama 6-8 jam, tetapi ketika Anda bangun Anda merasa tidak segar dan mengantuk. Dan Anda masih mengantuk di siang hari,” terangnya. Dikutip dari situs resmi Unair.

Dr Elfrida juga mengatakan mendengkur abnormal juga dikenal sebagai apnea tidur obstruktif (OSA).

Ia menjelaskan, “Saat saya tidur, saya bangun beberapa kali karena napas saya berhenti sekitar 10 detik. Otak secara otomatis merangsang kita untuk bernapas, dan yang mengejutkan (bangun dengan warna merah)”.

Dokter Klinik PLK Unair ini menambahkan, apnea tidur obstruktif tidak hanya dialami oleh para lansia. Ini karena bronkokonstriksi, tanpa memandang usia.

Stenosis ini memiliki berbagai penyebab, seperti kelemahan otot atau gangguan saraf saat tidur, jelasnya.

Dr Alfrida juga mengingatkan masyarakat untuk tidak meremehkan kebiasaan mendengkur yang terus menerus karena dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan menyebabkan komplikasi.

Penurunan jumlah oksigen di otak dapat menyebabkan gangguan stroke, gangguan metabolisme, dan banyak komplikasi lainnya.

Baca Juga  Inilah 2 Posisi Tidur Untuk Cegah Mendengkur

Oleh karena itu, untuk mencegah apnea tidur obstruktif, dr. Elfrida membagikan beberapa tips praktis.

“Satu, jaga berat badan agar tidak menambah berat badan. Dua, olahraga. Ketiga, hindari merokok dan minum, makan makanan yang harus dipilih, waspada, dan jangan sering makan daging. – Buah-buahan dan sayuran seimbang dengan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.