Tips Membeli Handphone Bekas atau Second

Tips Membeli Handphone Bekas atau Second

TeknoFlas.com – Mungkin bagi sebagian orang harus lewat jalan lain agar bisa mendapatkan handphone dengan harga murah yakni dengan membeli bekas. Namun perlu diperhatikan agar tidak kecewa dalam membeli handphone second atau bekas karena bisa jadi handphone tersebut sudah direkondisi.
Tips Membeli Handphone Bekas atau Second
Nah, untuk agar Anda terhindar dari hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips membeli handphone bekas yang TeknoFlas kutip dari Merdeka, Selasa (23/07/2013).

1. Teliti kondisi fisik handphone
Telitilah bagian-bagian detail handphone bekas yang ingin Anda beli seperti casing, layar, keyboard, dan lensa pada kamera handphone. Amatilah apabila ada goresan atau kerusakan lainnya. Ini mungkin memerlukan waktu lama, namun hal tersebut sangat diperlukan.

2. Cek fungsi keyboard/ layar sentuh
Setelah Anda meneliti kondisi fisik, selanjutnya Anda harus mengecek fungsi dari tombol pada handphone atau layar sentuh apabila handphone tersebut mengusung teknologi touchscreen. Yang patut Anda cek adalah tombol kunci pengaman, tombol kamera, tombol off, dan tombol navigasi. Sebab itu yang paling renan mengalami kerusakan.

3. Periksa fitur kamera
Setelah semua aman, kini saatnya Anda menjajal mengambil gambar melalui kamera pada handphone tersebut. Sebab, fitur kamera juga mengalami rentan kerusakan, sehingga handphone tersebut cenderung di jual.

4. Apakah pernah terkena air?
Cek handphone bekas yang Anda beli, pernah terkena air atau tidak. Caranya adalah melihat stiker indikator air yang biasanya terletak di sisi dalam tempat baterai. Apabila berwarna merah, maka handphone tersebut pernah terkena air. Namun apabila berwarna putih, maka perangkat tersebut belum pernah terkena air.

5. Cek IMEI/ nomor seri handphone
Pastikan IMEI yang ada pada dus handphone sama dengan yeng tertera pada handphone. Sebab bila tidak sama, kemungkinan besar barang tersebut adalah barang manipulasi penjual atau handphone curian. Untuk lebih detailnya IMEI bisa baca di postingan [Cara Cek IMEI dan Fungsinya].

Baca Juga  Tips Membeli HP Bekas Secara Online

6. Kelengkapan perangkat
Periksa kelengkapan pernagkat seperti charger, kabel data, memory card, manual book, CD driver, handsfree, dan beberapa aksesoris lain yang mengikuti, tergantung dari jenis handphone.

7. Periksa jika masih ada garansi
Hal ini perlu sebab mengantisipasi apabila ada kerusakan yang tidak diduga. Apabila Anda membeli handphone yang masih tergolong baru, maka Anda seharusnya masih mendapatkan garansi untuk perbaikan perangkat tersebut.

8. Harga handphone
sebelum Anda mendatang toko dan mencari handphone bekas, pastikan Anda sudah lebih dulu mengetahui harga pasar mengenai handphone yang ingin Anda beli. Karena terkadang ada penjual yang memberika harga terlalu tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *