TeknoFlas.com – Selain PC, Laptop menjadi salah satu alat sebagai kebutuhan sehari-hari untuk menunjang pekerjaan kita entah itu di sekolah, kampus maupun kantor. Selain fleksibel atau mudah dibawa kemana-mana, laptop tak kalah canggih karena didesain dengan spesifikasi dari menengah sampai gahar tergantung kelasnya.

Tips Sebelum Membeli Laptop

Nah, bagi Anda yang ingin membeli laptop, sebaiknya perlu diperhatikan hal-hal ini sebelum Anda memutuskan untuk memilikinya. Jangan sampai kecewa dibelakang. Dikutip TeknoFlas dari Jalan Tikus, Jumat (10/01/2014), ada beberapa saran yang perlu Anda perhatikan.

Kenali kebutuhan kamu
Kenali kebutuhanmu apakah untuk desain, game atau sekedar kebutuhan studi dan kerja yang sederhana. Jika kamu membutuhkan laptop untuk desain dan game, pilihlah laptop yang memiliki RAM dan Hard disk yang besar. Selain itu grafis dari laptop tersebut pun harus bagus. Namun apabila kamu hanya menggunakan laptop tersebut untuk kebutuhan belajar atau kerja, kamu bisa memilih laptop dengan spesifikasi yang lebih kecil.

Budget
Rincikan budget yang kamu miliki sebelum kamu benar-benar memilih laptop tipe tertentu. Biasanya laptop dengan spesifikasi yang canggih harganya akan lebih mahal.

Brand atau Merk

Brand atau merk laptop tertentu juga akan berpengaruh. Jangan sampai kamu memilih laptopyang spesifikasinya canggih namun berasal dari merk yang kurang baik. Karena sama saja laptopmu nantinya akan mudah rusak. Sebaiknya kamu melakukan perbandingan antara beberapa laptop dengan spesifikasi yang hamper sama dari brand atau merk yang berbeda.

Daya tahan baterai

Jika kamu tipe orang yang lebih mobile kamu membutuhkan laptop dengan daya baterai yang lama. Namun jika kamu lebih sering menggunakan laptop di dalam ruangan dan di tempat-tempat lain yang dekat dengan jangkauan listrik, kamu tidak terlalu memerlukan laptop yang daya baterainya lama.

Konektivitas
Hal ini juga perlu kamu perhatikan. Jangan sampai laptop yang akan kamu beli tidak support Wi-Fi. Selain itu kamu juga harus memperhatikan port-USB yang ada, seperti port-USB 3.0 dan 2.0. Jangan sampai port-USB 3.0 di laptop tersebut jumlahnya lebih sedikit dari port-USB 2.0

Garansi
Semakin lama waktu garansi yang diberikan untuk laptopmu, pasti akan lebih baik. Tentunya garansi akan menjamin kualitas laptop dan kamu juga tidak perlu membayar mahal untuk memperbaiki laptopmu saat mengalami kerusakan nantinya.

Dengan tips diatas pastinya Anda tidak akan merasa kecewa dibelakang karena sudah mengerti hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli laptop.