TeknoFlas.com – Dua puluh perusahaan teratas di Indonesia versi majalah Fortune Indonesia telah dirilis. Data ini berdasarkan riset bertajuk Fortune Indonesia’s Most Admired Companies (Fimac) guna mengetahui perusahaan mana yang layak menjadi jajaran perusahaan teratas di Indonesia pada 2014 ini.

Riset itu sendiri dilakukan Hay Group Indonesia dan berlangsung sejak semester kedua 2013 hingga kuartal pertama 2014 menggunakan metode kualitatif. Sebagaimana dikutip TeknoFlas dari laman Liputan6.com, Selasa (1/1/2014), riset kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara ke-10 pihak yang berasal dari C- Suite Respondent riset kualitatif dengan membagikan 100 kuosioner ke lebih dari 100 pihak C- Suite Respondent. Selain itu, para responden merupakan para eksekutif dan direktur dari berbagi perusahaan di Indonesia, serta analis keuangan untuk menemukan reputasi paling baik.

20 Perusahaan Top Indonesia 2014 versi Majalah Fortune Indonesia

Ada sembilan kriteria untuk mengevaluasi kandidat perusahaan yaitu, kualitas manajemen, kualitas produk jasa yang ditawarkan, inovasi, nilai investasi jangka panjang, posisi keuangan yang kuat, kemampuan menarik dan mengembangkan karyawan berpotensi. Selain itu juga tanggung jawab terhadap komunitas dan lingkungan, bijaksana dalam menggunakan aset perusahaan dan efektivitas dalam menjalankan bisnis secara regional.

Berikut ini adalah daftar 20 perusahaan terbaik di Indonesia tahun 2014 versi Fortne Indonesia:

  1. Astra International
  2. Unilever Indonesia
  3. Bank Central Asia Telekomunikasi Indonesia
  4. Telekomunikasi Indonesia
  5. Bank Mandiri (Persero)
  6. Bank Rakyat Indonesia (Persero)
  7. Indofood Sukses Makmur
  8. United Tractors
  9. Kalbe Farma
  10. Semen Indonesia (Persero)
  11. Astra Agro Lestari
  12. Garuda Indonesia (Persero)
  13. Indofood CBP Sukses Makmur
  14. Gudang Garam
  15. Indocement Tunggal Perkasa
  16. Bank Negara Indonesia (Persero)
  17. XL Axiata
  18. Holcim Indonesia
  19. Karakatau Steel
  20. Indosat