Teknoflas.com – Tak lama setelah Nokia X menggempur pasar Indonesia, kini Nokia XL menyusul hadir dan meramailkan persaingan di pasar smartphone Tanah Air. Ponsel pintar Nokia XL ini secara resmi sudah dirilis di Indonesia kemarin (02/06/2014). Meski demikian, rilis Nokia XL di pasar masih belum diketahui.

Nokia XL
Nokia XL

Berdasarkan informasi resmi dari Microsoft Device selaku pemilik Nokia mengatakan bahwa harga resmi Nokia XL di Indonesia adalah Rp 2.199.000. Harga yang ditawarkan Nokia XL membuat persaingan di pasar kelas menengah kian panas karena telah hadir BlackBerry Z3 dan Asus Zenfone 5.

Nokia XL Android ini menawarkan performa yang tak jauh berbeda dengan Nokia X yang lebih dulu hadir dengan dukungan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 768MB. Kinerja grafis Nokia XL cukup standar berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno 203.

Nokia telah melakukan perubahan yang cukup signifikan pada sistem operasi Android 4.1.2 yang digunakan oleh Nokia XL dengan menghapus layanan Google, termasuk Play Store. Sebagai penggantinya, Nokia menghadirkan layanannya sendiri, antara lain adalah HERE Maps dan Nokia Store.

Nokia XL juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM. Smartphone ini didukung oleh ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD.

Nokia XL dipersenjatai dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 187 piksel per inci berteknologi IPS LCD. Spesifikasi seperti ini membuat tampilan layarnya kurang padat dan tajam.