TeknoFLas.com – Lebaran sering kali membuat kita lupa akan kesehatan, salah satunya karena banyaknya makanan lezat yang dihidangkan. Akibat dari makan berbagai makanan kadang kadar kolesterol akan naik apalagi kalau makan makanan yang mengandung santan dan banyak telur.

Kelebihan jumlah kolesterol dalam tubuh akan berbahaya bagi kesehatan, untuk itu perlu adanya perhatian dari diri kita masing-masing untuk menjaga kesehatan. Berikut ini adalah beberapa minuman lezat yang dapat menurunkan atau menetralisir kolesterol usai lebaran.

Inilah 5 Minuman Untuk Turunkan Kolesterol Usai Lebaran

Delima – Delima yang diolah menjadi jus pun mengandung jenis antioksidan bernama polifenol. Polifenol beraksi melawan jenis kolesterol jahat akibat konsumsi junk food. Orang yang pembuluh arterinya tersumbat oleh kolesterol maka dengan minum jus delima dapat memperlancar aliran darah hingga 30%.

Jus sayur – Beberapa jenis sayur dan buah semisal apel, wortel, brokoli atau jeruk, juga kombinasi seluruh buah dan sayur tersebut dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Jika ada tambahkan juga buah bit, kol ungu, jeruk nipis, atau lemon. Tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya, maka jus ini adalah obat ampuh untuk kolesterol.

Teh hijau – Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan teh hijau mampu ‘menyapu’ kolesterol jahat dari pembuluh darah. Nama zat berguna tersebut adalah polifenol, yang juga mampu menghambat usus kecil dalam menyerap kolesterol.

Jahe hangat – Minuman jahe hangat juga berguna menurunkan kolesterol serta mencegah aterosklerosis yang membuat pembuluh darah arteri mengalami pengerasan.