TeknoFlas.com – Pemkot Surakarta hari ini menyelenggarakan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2014. Yang menarik, Putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu terdaftar sebagai salah satu peserta CPNS di Solo.

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, anak kedua Presiden Jokowi tersebut akan mengikuti ujian seleksi, Kamis (23/10/2014) hari ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Solo, Hari Prihatno mengungkapkan sesuai aturan yang ada, jika peserta yang sudah lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian seleksi CPNS. Akan tetapi bila tidak hadir maka akan dianggap gugur.

Hari Ini Seleksi CPNS di Solo, Anak Jokowi Ikut
Sementara itu di lokasi ujian seleksi CPNS Kota Solo yang bertempat di Bakorwil Surakarta, belum terlihat adanya pengamanan atau tindakan khusus terkait putri presiden yang akan mengikuti ujian seleksi CPNS.

Sejumlah petugas yang berada di lokasi pun tidak mengetahui terkait adanya putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu yang akan mengikuti tes CPNS Pemkot Solo.

Kasubid Dokumentasi dan Pengelolaan Data BKD, Lisino Soares mengatakan putri Presiden Jokowi harus bersaing dengan ribuan pelamar CPNS lainnya. Jumlah total pelamar CPNS yang dinyatakan lolos administrasi sebanyak 6.278 pelamar.

Untuk seleksi CPNS di kota solo telah menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT) dimana untuk lolos, peserta diwajibkan memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditentukan oleh Kemenpan-RB untuk skor Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 127, Tes Integelensi Umum (TIU) 75 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 70