Para pemilik sepeda motor rela menyisihkan budget demi memodifikasi kendaraan kesayangan agar tampil keren. Sayangnya, masih banyak yang belum mengenal seluk beluk modifikasi. Ternyata ada beragam jenis aliran modifikasi motor yang saat ini tengah populer dan mendominasi. Manakah pilihan anda?

jenis aliran modifikasi motor
Chopper, jenis aliran modifikasi motor (doc/alienskin.com)

1. Jap’s Style

Aliran ini memiliki sejumlah ciri-ciri fisik unik seperti jok duduk tipis dan tangki bensin kecil. Keunikan terletak pada jok berkonsep single seater yang posisinya lebih rendah dari tangki bensin. Selain itu, Jap’s Style identik dengan lampu depan-belakang ukuran kecil, ban besar nan lebar, stang semi hanger dan jarak antar bank lebih panjang dari rangka sepeda motor.

2. Hotrod

Sebelum menjadi jenis aliran modifikasi motor, Hotrod lebih melekat pada modifikasi mobil terutama yang mengusung konsep muscle-car bertenaga besar. Lalu dimana letak keunikannya? Sebenarnya tak ada ciri fisik atau tampilan khas tertentu, namun motor biasanya diberi balutan cat sangar seperti warna hitam dan dipadu sedikit ornamen pelengkap.

3. Super Cub

Inilah jenis aliran modifikasi motor yang sangat cocok untuk pemilik kendaraan rangka underbone alias bebek. Super Cub tumbuh subur di Indonesia dan seringkali menjadi andalan pemilik motor klasik keluaran Honda seperti C50 dan C70. Ada sejumlah ciri-ciri yang melekat, yaitu lampu minimalis dan desain stang lebih sederhana. Namun aliran ini juga mengalami perkembangan desain lebih ekstrim, ada pemilik motor yang memakai ban trail dan ban besar.

4. Cafe Racer

Aliran ini terinspirasi dari bentuk motor balap ala jadul yang sempat heboh beberapa dekade silam. Dalam perkembangannya, Cafe Racer terbagi lagi menjadi dua aliran yakni tanpa atau dengan fairing. Apa itu? Fairing adalah cangkang yang terpasang di atas frame motor. Lalu, dimanakah letak keunikannya? Motor Cafe Racer biasanya terpasang jok rendah, tangki besin memanjang ramping dan memakai stang jepit.

5. Chopper

Jenis aliran modifikasi motor yang berkembang pesat di Amerika Serikat (AS). Chopper lebih identik pada motor gede (moge) dengan sejumlah ciri-ciri utama seperti garpu depan memanjang, lingkar ban depan besar dan bentuk stang sedikit menjulang tinggi. Modifikasi ini tak hanya pada moge saja, tetapi merambah hingga sepeda.