Bagaimana cara jual mobil bekas agar cepat laku dan harga tidak jatuh? Sebenarnya ada sejumlah trik supaya mobil bekas menarik minat pembeli. Bila dibandingkan mobil baru, maka nilai jual mobil bekas jauh lebih rendah. Meskipun demikian, harga jual mobil bekas merek dan tipe tertentu tetap tinggi karena menawarkan keunikan.

Ada sejumlah hal penting harus diperhatikan dengan seksama agar nilai jual mobil tidak turun drastis, salah satunya kenyamanan di dalam kabin. Coba benahi penampilan kabin mobil dengan menghilangkan bau sedap, memasang safety belt, penggantian jok mobil hingga memastikan kondisi AC mobil tetap berjalan maksimal.

cara jual mobil bekas cepat laku
Kelengkapan dokumen, cara jual mobil bekas agar cepat laku (doc/jualmobilbekas.hol.es)

Selain itu, perhatikan juga keutuhan cat mobil. Pastikan tak ada bekas tabrakan ataupun baret-baret sehingga calon pembeli bisa mengetahui bahwa si penjual memakai mobil ini dengan hati-hati dan dirawat sebaik mungkin. Penambahan aksesoris tertentu yang meningkatkan fungsi atau kenyamanan berkendara tentu bakal menaikkan harga jual mobil.

Demi meningkatkan kepercayaan konsumen, pastikan tak ada rembesan apapun dari kolong mobil, entah itu berasal dari rembesan air, oli ataupun cairan lainnya. Tentu akan sangat berbahaya bila kolong mobil ada yang bocor, harga jual pun bisa menurun.

Cara jual mobil bekas agar cepat laku tak hanya memperhatikan kondisi fisik mobil, jangan lupa menyiapkan kelengkapan dokumen kendaraan seperti polis asuransi, faktur, nota pembelian, buku servis, pajak masih berlaku, STNK dan BPKB. Semakin lengkap dokumen, tingkat kepercayaan calon pembeli semakin tinggi karena yakin mobil dibeli secara sah dan resmi tanpa menimbulkan masalah apapun di kemudian hari.

Usai memastikan kelengkapan dokumen dan performa kendaraan, langkah selanjutnya adalah mencari media untuk mengiklankan penjualan mobil. Apa saja yang bisa ditempuh?

1. Media offline

Cara jual mobil bekas agar cepat laku yakni memaksimalkan promosi, coba manfaatkan media offline seperti pasang iklan baris di surat kabar atau majalah.

2. Media online

Berjualan mobil bekas via media online menjadi alternatif murah dan cepat. Tampilkan informasi secara lengkap disertai sejumlah foto penampakan kendaraan. Buatlah tampilan se-menarik mungkin demi mencuri perhatian calon pembeli.

3. Perantara

Apabila butuh uang cepat tanpa harus menunggu, ada baiknya menjual mobil dengan bantuan perantara seperti makelar, saudara ataupun teman. Namun, anda harus mengeluarkan biaya tambahan atas jasa mereka.