Teka-teki soal isu menteri hina presiden mulai sedikit terjawab dari pernyataan Masinton Pasaribu. Politikus PDIP itu membenarkan pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menyebut ada menteri di kabinet kerja yang memandang sebelah mata kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Masinton mengklaim menteri itu bukan berasal dari kalangan partai, melainkan kalangan profesional. Siapakah menteri tersebut?

Masinton Pasaribu
Masinton Pasaribu enggan sebut nama menteri yang hina presiden. (doc/rmol.co)

Masinton enggan menyebut secara terang-terangan siapa nama menteri yang tengah dibicarakan tersebut. Dia hanya memberi sedikit petunjuk bahwa sang menteri berasal dari kalangan profesional, bukan dari parpol alias partai politik.

“Sang menteri yang “hina presiden” itu berasal dari kalangan profesional, tetapi kerjanya nggak terlihat profesional. Dia bukan dari partai politik pendukung dan sering buat kebijakan yang bertentangan dengan konsep Nawa Cita Presiden,” ucap Masinton dilansir Teknoflas dari laman merdeka.com, Senin (29/6/15).

Menurut penuturan Masinton, adapun alasan menteri tersebut kerap menghina Presiden Jokowi karena ia sudah tahu bakal dicopot jabatannya dari kursi menteri Kabinet Kerja. Atas dasar tersebut, sang menteri berani hina Presiden karena kecewa akan didepak dari jabatannya.

“Dia begitu karena sudah panik mau didepak dari jabatannya,” ucap Masinton.

Sebagai partai pengusung, PDIP sudah mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk berhati-hati terhadap orang-orang di sekelilingnya, termasuk jajaran menteri. Bisa saja suatu saat nanti, sikap mereka justru berlawanan dengan cita-cita Presiden. Dari awalnya hadir sebagai pendukung, lalu berubah menjadi pengkhianat.

“Kami sudah ingatkan Bapak Presiden kalau ada orang-orang yang ingin menikamnya dari belakang,” ucapnya.

Saat ditanyai apakah menteri yang berani hina presiden Jokowi adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, Masinton hanya tersenyum penuh makna. Ketika ditanyai apakah menteri itu perempuan atau lelaki, Masinton memberi petunjuk bila sang menteri adalah seorang perempuan.

“Pastinya, nggak etis kalau sampai sebut nama. Saya cuma bilang kalau menteri itu nggak loyal dan nggak patuh sama instruksi Bapak Presiden.

Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo menyebut ada ketidakkompakan dalam tubuh Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK, bahkan ada seorang menteri yang secara terang-terangan berani hina sang presiden. (Baca: Menteri Kabinet Kerja Berani Hina Presiden Jokowi. Siapa Dia?)

Tjahjo yang menjabat Menteri Dalam Negeri mengaku sudah mengantongi sejumlah nama-nama menteri yang justru berlawanan dengan cita-cita Presiden Joko Widodo. Akan tetapi ia enggan membocorkan daftar nama tersebut, apalagi menyebut nama menteri yang berani hina Presiden Jokowi.