Teknoflas.com – Masalah klasik yang seringkali muncul usai melewati hari raya Lebaran yaitu bertambahnya berat badan. Tak mengherankan, ada begitu banyak makanan lezat tersaji di atas meja saat momen Lebaran tiba, belum lagi menyantap makanan saat berkunjung ke rumah saudara dan tetangga.

Semua hidangan lezat itu biasanya mengandung lemak dan kalori tinggi. Bila menyantap semua tanpa memperhatikan diet, berat badan pun bertambah dan tidak terkendali. Membakar kalori adalah cara terbaik untuk mengatasinya. (Baca: Tips Diet Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga)

Bersih-bersih dapur bisa bakar kalori
Bersih-bersih dapur bisa bakar kalori

Masih malas berolahraga pasca puasa sebulan penuh? Lakukan kegiatan berikut ini yang sudah terbukti membakar kalori.

1. Cuci mobil

Berkunjung ke rumah-rumah saudara saat lebaran dengan mobil kesayangan tentu menyenangkan. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkannya. Aktivitas mencuci mobil bantu membakar 150 kalori.

2. Bersihkan dapur

Lebaran menyisakan dapur yang berantakan. Peralatan makan dan masak dipenuhi kotoran menumpuk dan perlu dibersihkan supaya dapur tampak kinclong seperti sediakala. Aktivitas bersih-bersih dapur akan membakar 180 kalori.

3. Bersihkan rumah

Mendapat kunjungan dari saudara dan tetangga yang datang ke rumah merupakan pengalaman menyenangkan. Selepas kepergian mereka, rumah pun kembali kotor oleh debu ataupun sampah bekas makanan. Lakukan aktivitas mengelap dan membersihkan debu dan kotoran. Bila dilakukan selama satu jam penuh, maka 150 kalori terbakar penuh.

4. Ngepel lantai

Lantai sering dilewati oleh banyak orang sehingga permukaan menjadi kotor dan berdebu. Oleh karena itu, mulailah mengepel selama 30 menit dan aktivitas ini sanggup membakar 130 kalori.

5. Bersihkan halaman depan

Bukan hanya bagian dalam rumah saja yang perlu dibersihkan, jangan lupa membersihkan halaman depan rumah. Singkirkan dedaunan, rumput-rumput liar ataupun sampah. Aktivitas menyapu halaman, berkebun, memotong rumput dan memangkas tanaman sanggup membakar 150 kalori dalam 30 menit, hebat kan?

6. Memakai vacuum cleaner

Membersihkan seluruh debu yang menempel di dalam rumah dengan memakai penyedot debu atau vacuum cleaner sanggup membakar 238 kalori, khususnya bagi mereka yang memiliki bobot badan 75kg. Membersihkan debu dengan mesin vacuum cleaner yang tergolong berat membuat tubuh berkeringat lebih cepat.

Ternyata tak perlu olahraga atau nge-gym untuk membakar kalori. Lakukan saja enam aktivitas rumahan di atas agar lemak dan kalori dari masakan Lebaran bisa terbakar lebih cepat.