Teknoflas.com – Pasar smartphone lokal dan global dihadiri banyak produk baru, sebagian mendapat respon positif dari konsumen yang mempengaruhi angka penjualan di kuartal pertama dan kedua tahun 2015.

Baru-baru ini, TrendForce membeberkan hasil riset paling anyar seputar smartphone dengan penjualan terbanyak di dunia pada kuartal kedua tahun 2015. Lalu, merek apa saja yang berada di posisi empat besar?

Smartphone Samsung
Smartphone Samsung (doc/blogs.ft.com)

4. Xiaomi

Popularitas Xiaomi yang mampu menyedot perhatian dunia berkat sistem penjualan flash sale berhasil mendapat tempat spesial di hati konsumen. Penjualan Xiaomi terus mengalami peningkatan signifikan, bahkan melewati Lenovo di pasar domestik. Sementara di level global, merek asal China itu bisa melewati nama besar LG dan duduk di posisi ke-4.

3. Huawei

Merek ini berhasil menempati posisi ke-3 dunia dengan pangsa pasar global sebesar 7,6%. Huawei merupakan pemimpin pangsa pasar domestik China dengan catatan 18,3% Hebatnya, prestasi tersebut diraih dalam jangka waktu tiga tahun saja hingga sukses melewati kejayaan Samsung dan Apple di pasar domestik.

2. Apple

Berbicara seputar industri gadget smartphone, maka iPhone besutan Apple layak disinggung. Menurut hasil riset TrendForce, perusahaan besutan Steve Jobs tersebut berada di posisi ke-2. Apple yang sudah merilis iPhone 6 dan iPhone 6 plus sukses menembus pangsa pasar dunia dengan persentase 16,4%. Walaupun harga produk terbilang mahal, hal tersebut tak menjadi penghalang untuk membeli perangkat canggih ini.

1. Samsung

Siapa yang berada di posisi ke-1 menurut TrendForce? Samsung masih berjaya di pangsa pasar dunia, kuartal I dan II tahun 2015 dihiasi dengan kehadiran sejumlah produk yang sukses mendongkrak penjualan. Kehadiran produk anyar, S6 dan S6 edge, sukses memikat hati konsumen sehingga Samsung meraih pangsa pasar global sebanyak 26,8%.

Itulah empat smartphone terlaris dunia dengan persentase pangsa pasar global. Tingginya angka penjualan akibat kehadiran produk inovatif yang memenuhi keinginan konsumen. Uniknya, pemain lama seperti LG bisa dikalahkan oleh Xiaomi. Hal ini menunjukkan ketatnya persaingan di industri smartphone dunia. Manakah pilihan anda?