Teknoflas.com – Ban bocor merupakan salah satu masalah terbesar yang seringkali menimpa pengendara sepeda motor. Agar tak mengalaminya di saat menempuh perjalanan jauh, maka ada dua cara sederhana yang bisa diterapkan.

Udara di dalam ban bakal memanas sehingga karet ban pun memuai, kejadian ini seringkali dialami pengendara saat menempuh perjalanan panjang. Dalam kondisi seperti itu, ban akan menjadi lebih sensitif terhadap benturan, sehingga lebih rentan bocor tanpa harus tertusuk paku terlebih dahulu.

Mencegah ban motor tak bocor (doc/federaloil.co.id)
Mencegah ban motor tak bocor (doc/federaloil.co.id)

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Dilansir Teknoflas.com dari sejumlah sumber, ada dua cara sederhana agar ban sepeda motor tak gampang bocor.

1. Masukkan air ke dalam ban

Pertama-tama buang air yang ada di dalam ban, kemudian pisahkan antara ban dalam dan luar. Setelah itu, lepaskan penting ban lalu masukkan air ke ban dalam dengan memakai sedotan atau sendok. Nggak perlu terlalu banyak atau berlebihan, dua sendok saja untuk ban depan dan tiga sendok untuk ban belakang.

Setelah air masuk ke ban dalam, pasang pentil seperti semula. Air pada ban berfungsi sebagai pendingin agar tak terlalu panas saat dipakai. Lakukan tips ini secara rutin, setidaknya dua minggu sekali atau satu kali setiap bulan.

2. Lapisan tambahan

Langkah selanjutnya supaya ban nggak gampang bocor yaitu memberi lapisan tambahan yang diletakkan antara ban dalam dan ban luar. Biasanya, lapisan tambahan yang dipakai merupakan ban dalam bekas yang dipotong menyesuaikan lebar ban luar. Terdengar mudah, kan?

Dengan mengusung lapisan tambahan, ban dalam jadi semakin kuat saat dibawa menempuh jalanan yang tidak rata atau mulus. Kerikil-kerikil tajam di jalanan yang rusak tak akan membuat ban gampang bocor.

Meskipun demikian, kondisi ban luar merupakan hal paling penting untuk diperhatikan. Apabila kondisi ban luar sudah tidak layak atau gundul, maka kedua tips di atas tidak akan berfungsi maksimal alias sia-sia.

Kedua tips di atas bukan berarti ban sepeda motor terbebas dari ancaman paku. Setidaknya cukup bermanfaat untuk merawat ban supaya tidak gampang bocor usai dipakai menempuh perjalanan panjang.