Teknoflas.com – Para traveler pemula saat ini tengah hobi berburu tiket pesawat murah demi menekan biaya pengeluaran. Tidak gampang mencari tiket pesawat yang dibanderol dengan harga super terjangkau, namun bukan mustahil untuk mendapatkannya. Berikut beberapa cara ampuh yang kerap digunakan para traveler ‘kelas akut’ untuk mendapat tiket pesawat murah.

Berburu tiket pesawat murah
Berburu tiket pesawat murah

1. Pemesanan awal

Tiket yang biasanya ‘di-booking’ jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan biasanya lebih murah daripada beli mendadak. Fakta ini turut dibenarkan oleh Skyscanner, sebuah situs pencarian traveling, yang menyebut tiket murah bisa diperoleh bila pemesanan dilakukan berminggu-minggu sebelum keberangkatan.

Contoh, bila memesan tiket perjalanan terbang ke Australia 15 minggu sebelum tanggal keberangkatan maka lebih hemat 15%. Sedangkan memesan tiket perjalanan terbang ke Thailand 16 minggu sebelum tanggal keberangkatan maka lebih hemat 25%.

2. Kunjungi pameran perjalanan

Coba datangi pameran perjalanan yang biasanya dipenuhi dengan sejumlah booth maskapai resmi atau agen perjalanan yang menjual tiket pesawat murah. Tak heran bila pameran perjalanan ramai dikunjungi para traveler sejak hari pertama dimulai.

Garuda Indonesia Travel Fair merupakan salah satu pameran perjalanan terbesar yang diadakan setiap tahun. Pengunjung bisa menikmati diskon besar-besaran, bahkan lebih dari 50%. Cari tahu informasi lebih detil mengenai jadwal berbagai pameran yang akan berlangsung di kota-kota.

3. Subscribe email

Coba kunjungi situs resmi maskapai dan lakukan subscribe atau langganan email, langkah ini tergolong ampuh memperoleh informasi tiket promo. Nantinya email traveler yang terdaftar akan mendapat kiriman beragam informasi seputar pesawat, termasuk harga tiket perjalanan.

Keuntungan langganan email yaitu memperoleh informasi lebih cepat daripada mereka yang tidak berlangganan. Jika sudah berlangganan, jangan lupa mengecek email setiap saat siapa tahu ada kiriman email tentang tiket promo.

4. Cek promo bank

Sejumlah bank biasanya memberi penawaran harga spesial untuk pemesanan tiket pesawat dengan cara pembayaran tertentu seperti memakai kartu kredit. Bisa saja traveler memperoleh diskon sekian persen atau cashback dari harga normal.

5. Aktif di media sosial

Manfaatkan media sosial untuk berburu tiket pesawat murah. Coba follow akun resmi sejumlah maskapai pesawat dunia dan agen resmi yang menjual tiket pesawat. Biasanya ada banyak promo menarik yang disebar lewat media sosial, tentu akan sangat membantu dapatkan tiket yang harganya terjangkau.