Teknoflas.com – Sejumlah orang mungkin pernah menghadapi situasi di mana motor kesayangan mogok secara tiba-tiba. Dalam situasi tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu meminta bantuan motor lain untuk menarik motor kesayangan dengan tali.

Sayangnya teknik ini tak bisa dilakukan sembarangan dan perlu memperhatikan sejumlah hal penting. Penerapan yang salah justru bisa berakhir bencana, motor mogok mungkin saja menabrak motor yang menarik akibat pengereman terburu-buru atau posisi terlalu dekat.

Lalu, bagaimana teknik yang tepat? Langkah pertama yaitu memperhatikan kondisi tali. Gunakan yang memiliki panjang sekitar 4-6 meter dan terbuat dari nilon ketebalan satu inci. Langkah kedua yaitu cara mengaitkan tali antara motor penarik dengan motor mogok.

cara menarik motor 1

Coba tengok gambar di atas, tampak jelas tali terpasang di posisi rendah yaitu footpeg dengan posisi berlawanan. Misalkan motor penarik memasang tali di sebelah kanan, maka motor mogok yang berada di belakang harus mengaitkan tali di sebelah kiri.

cara menarik motor 2

Metode lain terpampang jelas di ilustrasi di atas. Tali dikaitkan pada dua footpeg lalu ujung tali dijulurkan ke tengah-tengah sehingga membentuk huruf ‘Y’.

Ujung tali dimasukkan ke celah plat nomor kendaraan lalu dikaitkan pada stang dari jalur bawah seperti yang terpampang pada ilustrasi. Selanjutnya tangan kiri bisa memegang ujung tali. Nantinya motor mogok lebih aman dan mudah dibawa ke tempat lain.

Sayangnya cara kedua hanya bisa dilakukan pada motor sport yang mogok. Jika bukan motor sport, maka tali hanya direkatkan di besi plat nomor dan pegangan belakang. Untuk mengantisipasi motor mogok secara tiba-tiba, ada baiknya selalu membawa tali panjang sesuai yang tertulis di paragraf ke-3.