Cerobong-cerobong-jamur-di-Pasabag-foto-oleh-Iris-KH

Teknoflas.com Siapa yang tidak mengenal negeri dua benua, Turki? Anda mungkin telah mengenal kurang lebih tentang negeri ini yang kini serial televisinya telah ditayangkan di Indonesia. Turki merupakan negara dengan banyak tempat wisata yang dapat anda temukan. Salah satu tempat unik bahkan misterius karena bentuknya yang tidak wajar adalah Monk Valley atau biasa dikenal sebagai Pasabag.

Pasabag adalah suatu lembah yang unik di Turki. Dekorasi dan tata letaknya di sana seperti jamur-jamur di negeri dongeng. Selain berbentuk seperti jamur, beberapa berbentuk seperti binatang seperti unta, merpati. dan lain lain. Bebatuan tersebut terbentuk dari batuan vulkanik lunak yang terkikis lebih dari 30 juta tahun. Beberapa pilar batu terlihat seperti tiga jamur dan yang lainnya berbentuk topi.

Kawasan ini merupakan kawasan dari lembah karst. Bentuk dari bebatuan ini sangat mirip dengan hal-hal di dunia dongeng seperti topi pendeta. Di sini merupakan kawasan yang sempat dijadikan persembunyian orang-orang kristen zaman dahulu. Masyarakat sekitar percaya beberapa lembah dijadikan tempat tinggal oleh peri-peri yang mempunyai tugas melindungi masyarakat sekitar. Ada beberapa bagian dikenal sebagai lembah merpati. Dan beberapa ruang di dalam gua yang tidak ditempati kini dijadikan sebagai sarang merpati.

Sebuah kapel di dalam gua didirikan sebagai bentuk penghormatan kepada pendeta Simeon (Simon). Dia diyakini tinggal di atas bukit dengan ketinggian 15 meter, kemudian makanan serta minuman dibawa oleh para murid-muridnya ke atas lembah.

Di sana terdapat onta sebagai transportasi untuk menikmati Pasabag, tarifnya sekitar 20 lira. Anda dapat berfoto ria dengan background salah satu lembah yang unik di dunia. Anda tidak akan menyesal, karena bebatuan ini hanya ada di Turki. Ketika anda menaiki onta, anda akan dapat melihat dan menikmati formasi bebatuan dengan bentuk jamur yang tersebar di kawasan Coppadocia.