Teknoflas.com – Hanya berselang beberapa menit saja, foto tragedi Mina yang menewaskan 453 orang tersebar begitu cepat di sosial media. Selain korban meninggal dunia, ada pula ratusan jemaah yang dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka cukup serius.

Foto tragedi mina dimana regu penyelamat datang ke TKP
Foto tragedi mina dimana regu penyelamat datang ke TKP

Tragedi di Mina, pada Kamis (24/9/2015), menjadi catatan terburuk dalam sejarah ibadah haji di Arab Saudi.

Menurut laporan layanan pertahanan sipil Arab Saudi, hingga saat ini kru operasi penyelamatan masih terus berupaya melihat keadaan langsung di lapangan setelah para jemaah haji terinjak-injak ketika ingin melaksanakan prosesi jumrah.

Foto tragedi Mina sungguh menyayat hati, apalagi di tahun ini ada dua juta jemaah haji dari seluruh belahan dunia yang ikut ambil bagian. Selain itu, muncul pula video amatir di media sosial yang memperlihatkan kondisi saat peristiwa berdarah itu selesai. Tampak ratusan jenazah yang terbaring sambil mengenakan kain ihram, terlihat pula korban luka-luka.

Jemaah haji yang berhasil selamat dibawa ke tenda dan toko-toko terdekat. Sementara itu para jemaah haji yang menderita luka mendapat perawatan langsung dari petugas penyelamat berpakaian rompi oranye.

Sejumlah foto tragedi Mina memperlihatkan aksi petugas penyelamat yang mengevakuasi korban dengan tandu. Sementara itu, terlihat sejumlah orang tengah berupaya menyadarkan jemaah lainnya yang tak sadarkan diri.

Berdasarkan laporan saksi mata, penyebab tragedi Mina 2015 setelah sekelompok jemaah berhenti secara tiba-tiba sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan di barisan belakang.

Beredarnya foto tragedi Mina di situs sosial media bisa memperlihatkan bahwa desak-desakan antar jemaah memang sulit dibendung mengingat jumlah peserta ibadah haji kali ini mencapai dua juta orang. Peristiwa memilukan ini mendapat simpati besar dari netizen.

foto tragedi mina korban berjatuhan

foto tragedi mina proses evakuasi

foto tragedi mina evakuasi korban

foto tragedi mina korban tewas

foto tragedi mina korban terluka