316977_2219660823002_1592104796_32357024_4582783_n

Teknoflas.com – Taman dapat menjadi alternatif liburan murah bahkan tanpa biaya namun tetap menyenangkan. Terlebih bagi anda yang tinggal di ibukota Jakarta, anda tidak perlu khawatir. Jakarta memiliki banyak taman yang bisa dikunjungi

Ada banyak hal yang dapat dilakukan di taman. Taman di Jakarta kini telah berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu. Perkembangan taman di Jakarta sudah semakin lama semakin pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Taman Ayodya sejak 2009 lalu.

“Di Jakarta saat ini sudah terdapat 1500 taman yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta,” ujar Ratnadiah Kurniati, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dilansir dari CNN Indonesia.

Ribuan taman yang dimaksudkan oleh Ratna adalah taman-taman yang di dalamnya termasuk taman di perumahan dan juga taman di area pemakaman. Ribuan taman tersebut berdiri dari bekas lahan-lahan tak terpakai seperti tempat pembuangan sampah bahkan pasar yang berdiri di lahan tak semestinya.

Fasilitas yang dimiliki oleh taman-taman di Jakarta bukan hanya sekedar tanaman yang ditata indah atau kolam air semata. Beberapa taman menyediakan fasilitas kesehatan seperti jogging track, ataupun jalan dengan alat fitness yang dilakukan secara outdoor seperti pada Taman Tebet. Anda yang menginginkan bermain basket atau bulutangkis dapat mencoba Taman Menteng.

Kini, taman-taman tersebut dibangun dengan danau agar dapat menampung air hujan sekaligus tempat rekreasi bagi warga sekitar. Beberapa taman tersebut adalah Taman Ayodya dan Taman Tabebuya di Jakarta Selatan, dan juga Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat.

Pembangunan secara kontinyu dikerjakan oleh Pemprov DKI dalam melengkapi kebutuhan taman dan ruang terbuka hijau di Jakarta. Untuk beberapa waktu ke depan, taman bukan hanya digunakan untuk memperindah kota, tetapi sebagai ruang interaksi dan aktivitas warga, edukasi, dan juga ruang publik terpadu ramah lingkungan.