haji-2015Teknoflas.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan seluruh jamaah haji asal daerah itu pada musim haji 1436 Hijriah sudah pulang dari Arab Saudi.

Kepala Bagian Humas Kanwil Kemenag Kalsel Hidayaturrahman di Banjarmasin, Senin, mengatakan kelompok terbang (kloter) terakhir atau Kloter 12 Embarkasi Banjarmasin yang datang dari Madinah, Arab Saudi, di Bandara Syamsuddin Noor pada Senin (25/10) sekitar pukul 04.55 Wita.

“Jamaah haji terakhir Kalsel yang datang kemarin sebanyak 222 orang, semuanya dalam keadaan baik,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah jamaah haji Kalsel yang datang dengan selamat sebanyak 3.069 orang dari sebanyak 3.077 orang yang berangkat ke tanah suci pada musim haji ini.

“Jadi pada musim haji tahun ini yang meninggal dunia sebanyak delapan orang, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya lima orang,” katanya.

Namun, kata Hidayaturrahman, jumlah wafatnya jamaah haji di Tanah Suci iitu terbilang kecil kalau dilihat dari jumlah jamaah yang mengidap risiko tinggi sebanyak 60 persen, yakni, karena lanjut usia (lansia), darah tinggi dan gula darah tinggi.

Belum lagi, papar dia, beratnya perjalanan ibadah haji tahun 1436 Hijriah tidak hanya karena cuaca panas ekstrem tapi ada berbagai tragedi yang terjadi.

“Hebatnya, walaupun perjalanan ibadah haji berat, tidak satu pun satu pun tidak ada yang harus di rujuk ke rumah sakit, hanya masuk poli kesehatan asrama haji saat tiba kemarin,” ujarnya.

Menurut dia, semangat para jamaah haji yang datang ketanah air terlihat luar biasa, termasuk para jamaah lansia yang sepertinya tidak terlihat kelelahan.

“Diakui, musim haji tahun ini pelayanan kesehatannya bagi jamaah sangat baik, koordinasi para petugas juga baik, hampir semua juga menguasai IT,” ungkapnya.

Dia menyatakan seluruh jamaah yang sudah pulang menjalankan ibadah rukun Islam ke-5 ini agar tetap memelihara kemabruran hajinya.

“Bagi keluarga yang ditinggal wafat jamaah haji agar bisa tabah dan mengihklaskannya, moga haji mereka diterima Allah SWT,” paparnya.