Teknoflas.com – Batu ginjal bisa terjadi akibat sejumlah faktor, salah satunya yaitu pengaruh makanan dan minuman. Oleh karena itu, menjaga pola makan wajib ditegakkan sebagai bentuk pencegahan sejak dini.

image
makanan & minuman penyebab batu ginjal

Seseorang menderita batu ginjal apabila mulai menunjukkan sejumlah gejala seperti cepat lelah, tubuh mengigil, demam tinggi, perut mual, susah buang air kecil dan nyeri sakit pinggang.

Berikut beragam jenis makanan dan minuman yang wajib dibatasi sebagai langkah pencegahan dini terhadap penyakit batu ginjal.

Makanan

1. Daging merah sangat baik untuk tubuh karena kandungan protein tinggi, namun kadar asam urat sangat tinggi sehingga meningkatkan resiko batu ginjal.

2. Mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat memang baik untuk pemberian tenaga, namun menghasilkan kadar insulin tinggi yang memicu infeksi pada saluran kemih dan mendorong pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, mulailah kurangi tepung halus, gula dan nasi putih.

3. Hati-hati mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan karena merusak fungsi ginjal. Berdasar hasil studi, seseorang beresiko tinggi kena batu ginjal bila gemar mengkonsumsi makanan & minuman dengan pemanis buatan.

4. Garam kaya kandungan sodium dan natrium. Disarankan tak mengkonsumsi terlalu banyak garam karena memicu sejumlah penyakit seperti ginjal, jantung, tekanan darah dan batu ginjal. Mulai sekarang batasi asupan konsumsinya.

Minuman

1. Mulai sekarang kurangi atau berhenti mengkonsumsi minuman berkarbonasi seperti minuman energi atau soda yang justru meningkatkan resiko batu ginjal. Hasil studi menyebutkan, asam fosfat pada minuman berkarbonasi turut meningkatkan resiko batu ginjal dan penyakit ginjal kronis.

2. Minuman kafein bersifat dieuretik yang memicu dehidrasi, salah satu penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, batasi asupan kafein harian dengan mencanangkan minum segelas kopi setiap harinya.

3. Alkohol memang bermanfaat menghangatkan tubuh, namun sangat berbahaya jika konsumsi secara berlebihan karena merusak hati dan ginjal. Jika tak ingin meningkatkan resiko batu ginjal, mulai sekarang batasi atau berhenti minum alkohol.