Teknoflas.com – Sepeda motor matic tengah menjadi primadona di semua kalangan masyarakat. Hal itu terbukti dengan meningkatnya angka penjualan dalam beberapa tahun terakhir yang mengalahkan sepeda motor jenis bebek. Semakin banyak pengendara memilih motor matic karena mudah dikendarai, sayangnya motor ini butuh perawatan ekstra.

image
Penyebab motor matic bergetar

Agar motor matic tidak cepat rusak, pemilik harus memperhatikan kondisi v-belt yang berfungsi untuk meneruskan putaran pulley dari mesin menuju pulley ke roda. Jika bagian itu tidak terawat sebagaimana mestinya, maka motor kurang bertenaga. Masalah yang paling sering muncul yaitu motor terasa bergetar saat menarik gas.

Jadi penyebab utama motor matic sering bergetar saat di-gas yaitu kondisi v-belt yang tidak terawat dengan baik. Oleh karena itu, pemilik harus segera menggantinya dengan yang baru. Jika diabaikan begitu saja, maka efek terburuk yaitu laju motor tersendat-sendat ketika dikendarai.

V-belt merupakan komponen penting yang perlu perawatan tinggi. Pemilik kendaraan harus memperhatikan bagian itu, apalagi jika dipakai melewati batas maksimum yang menyebabkan kerusakan hingga putus. Sebenarnya v-belt punya fungsi yang sama dengan rantai motor manual, jika putus maka kendaraan tak bisa jalan.

Guna menghindari hal terburuk yang menyebabkan motor matic kesayangan tak bisa jalan, maka pemilik harus mengganti v-belt setiap kali menempuh jarak 24.000 km. Apabila sudah mencapai batas tersebut, motor tetap boleh dipakai meski kondisi v-belt rapuh. Hanya saja, jangan dipakai menempuh jarak jauh karena berdampak buruk bagi komponen lainnya.

Pengendara juga harus mengetahui teknik pengereman yang baik agar v-belt motor matic tidak cepat rusak. Jangan pernah mengerem saat posisi gas tengah ditarik, lepaskan gas terlebih dahulu baru menekan rem. Teknik pengereman sederhana ini berguna mengurangi potensi kerusakan v-belt.

Terungkap sudah penyebab motor matic sering bergetar ketika di-gas. Oleh karena itu, segera perhatikan kondisi v-belt dan lakukan pergantian secara berkala.