Teknoflas.com – Penyebab KM Wihan Sejahtera tenggelam di Teluk Lamong Jawa Timur pada Senin pagi (16/11/2015) yaitu kebocoran di salah satu bagian bawah kapal yang mengakibatkan oleng ke kiri. Menurut pengakuan para penumpang yang berhasil dievakuasi, sempat terdengar suara benturan keras tak lama usai berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak pada pukul 09.00 WIB.

image
penyebab km wihan sejahtera tenggelam

Kebocoran diduga cukup besar yang membuat air lebih cepat masuk ke dalam kapal, bahkan kurang dari dua jam KM Wihan Sejahtera harus terkubur selamanya di perairan Teluk Lamong. Untungnya tim evakuasi yang melibatkan lima kapal milik Polair bisa tiba ke lokasi tepat waktu untuk menyelamatkan lebih dari 100 penumpang.

Sebagian besar penumpang mengaku dengar suara benturan keras tak beberapa lama usai kapal meninggalkan pelabuhan. Mereka yakin itu penyebab KM Wihan Sejahtera tenggelam karena usai 15 menit terdengar suara benturan, posisi kapal mulai tak terkendali dan berlayar oleng ke kiri. Hanya saja penumpang tak mengetahui secara pasti benda yang menabrak kapal.

Ketika awak mengetahui adanya kebocoran, kapal kembali memutar arah ke pelabuhan. Sayangnya tidak mampu sampai ke lokasi, sehingga akhirnya karam untuk selama-lamanya. Pada saat itu sempat terjadi kepanikan di atas kapal, para penumpang berebut rompi keselamatan bahkan ada yang nekat lompat ke air tanpa memakai satupun pelampung.

KM Wihan Sejahtera berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak menuju Ende (NTT) dengan membawa 100 lebih penumpang, selain itu berdasar manifes kapal juga mengangkut 2 motor, 7 mobil, 8 truk kecil dan 43 truk besar. Evakuasi berhasil dilakukan tanpa adanya satu korban jiwa.

Sementara ini penyebab KM Wihan Sejahtera tenggelam di Teluk Lamong Jawa Timur karena adanya kebocoran usai terjadi benturan keras yang menyebabkan kapal melaju oleng ke kiri. Pihak berwajib bakal melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui biang kerok utama karamnya kapal.