US-pasport

Teknoflas.com – Paspor merupakan bekal utama ketika anda berpergian ke luar negeri. Untungnya, paspor memiliki jangka kadaluwarsa yang panjang. Namun, jangan memperpanjang paspor di waktu-waktu yang mepet. Beberapa negara bahkan memberikan waktu kadaluwarsa enam bulan sebelum waktu yang tertera.

Jika masa berlakunya akan habis bahkan satu tahun lagi, jangan ragu untuk memperbaruinya.

Beberapa negara mengharuskan para pendatang memiliki masa berlaku paspor yang masih panjang. Dengan demikian, sangat diperlukan memperbarui paspor walaupun masih setahun lagi masa berlakunya habis.

Hal tersebut seringkali luput oleh para traveler. Ini tentu dapat mempengaruhi dalam permintaan visa. misalnya, untuk para pemohon visa schengen. Demi bisa memiliki visa yang memvalidasi kunjungan ke-26 negara di benua Eropa itu, paspor harus punya masa berlaku minimum 3-6 bulan dari tanggal kedalursa atau tanggal penerbangan.


Untuk destinasi lain, termasuk di Asia Tenggara akan menolak paspor yang masa berlakunya tinggal satu bulan. Apabila tidak demikian, anda dapat ditolak terbang, bahkan mungkin saja terjebak di negara orang, tanpa identitas resmi.

“Masa berlaku paspor ini kerap kali dilupakan, padahal penting,” kata Editor Travel Huffington Post Suzy Strutner.