Teknoflas.com – Apa yang menjadi penyebab Sinyo Aliandoe meninggal dunia? Pelaku dan penggemar sepakbola tanah air kembali diliputi rasa duka mendalam seiring kepergian eks mantan pemain dan pelatih timnas Indonesia untuk selamanya. Tentu ada banyak jasa tak terlupakan yang pernah diukir selama aktif dalam bidang olahraga populer dunia tersebut.

image
Penyebab Sinyo Aliandoe meninggal dunia

Menurut keterangan anak bungu almarhum, Theodorus Aliandoe, sang ayah meninggal dunia pada usia 77 tahun di Jakarta pada Rabu pagi (18/11/2015) sekitar pukul 08.42 WIB. Kini jasad mendiang Sinyo Aliandoe disemayamkan di Ruang Duka Gabriel, Rumah Sakit Carolus, Salemba, Jakarta.

Penyebab Sinyo Aliandoe meninggal dunia akibat lemah jantung seiring dengan bertambahnya usia, demikian penuturan Theodorus. Kondisi fisik mantan pemain Persija itu terus melemah dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sudah lama menderita penyakit demensia atau pikun.

Kini pihak keluarga belum memakamkan jenazah yang masih disemayamkan hingga hari Jumat mendatang. Mereka masih menunggu kepastian dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang ingin mengkebumikan almarhum di Kompleks Pemakaman San Diego Hills berdekatan dengan legenda sepakbola Indonesia lainnya, Ronny Pattinasarany.

Almarhum lahir pada 1 Juli 1938 di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur dengan nama lengkap Sebastian Sinyo Aliandoe. Kini lini masa media sosial dipenuhi dengan ucapan belasungkawa, baik dari PSSI maupun Kemenpora. Tak lupa ucapan berkabung datang dari para pemain sepakbola berusia muda.

Penyebab Sinyo Aliandoe meninggal dunia akibat penurunan kesehatan organ jantung dan menderita demensia sejak lama. Penggemar sepakbola tanah air tentu ikut menyampaikan belasungkawa terhadap legenda Indonesia yang turut mengharumkan nama bangsa.