Teknoflas.com – OnePlus 2 dibekali baterai kapasitas besar 3300 mAh, sayang masih kalah jauh dibandingkan generasi pendahulunya. Dengan kata lain, smartphone seri terbaru itu lebih cepat kehabisan tenaga. Oleh karena itu, ada tujuh langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna agar ponsel kesayangan lebih tahan lama.

image
cara hemat baterai OnePlus 2

1. Atur kecerahan layar

Semakin terang kecerahan layar, baterai makin cepat terkuras. Coba ubah ke pengaturan tingkat kecerahan layar yang paling rendah, kalau bisa dibawah 40 persen. Solusi lainnya yaitu mengaktifkan dark mode atau adaptive brightness.

2. Matikan fitur tak penting

Sejumlah fitur tak penting wajib dinonaktifkan sementara waktu hingga dipakai lagi nanti. Sebagai contoh, matikan location services (Google Maps dan Uber), notifikasi dan pengaturan vibrasi. Dengan demikian pemakaian baterai jauh lebih hemat.

3. Nonaktifkan slot SIM kedua

OnePlus 2 menyediakan slot SIM kedua yang sangat bermanfaat untuk mengaktifkan dua nomor berbeda dalam satu perangkat. Sayangnya fitur ini sangat menguras tenaga baterai dan dinonaktifkan jika tak butuh. Oleh karena itu, pergi ke Settings dan pilih SIM off.

4. Atur sleep mode

Jangan biarkan layar ponsel terus nyala dalam waktu lama. Sebaiknya batasi waktunya untuk menghemat daya, atur sleep mode sesingkat mungkin seperti 15 detik atau kurang.

5. Singkirkan bloatware

OnePlus 2 biasanya disertai aplikasi pabrikan atau bloatware yang tak begitu dibutuhkan. Oleh karena itu, hapus saja aplikasi tersebut dengan menuju Settings lalu hapus atau nonaktifkan. Jangan lupa cek aplikasi berjalan di latar belakang yang biasanya menyedot tenaga baterai.

6. Matikan data

Terkoneksi dengan internet bisa dilakukan lewat dua cara yakni wifi dan seluler. Pilih saja salah satu yang paling memungkinkan dan stabil. Jika berada di ruangan tanpa wifi, pakai saja seluler untuk selalu terhubung ke internet dan tak lupa menonaktifkan fitur wifi.

7. Mode Power Saving

Sekarang ini OnePlus 2 dilengkapi dengan sejumlah mode power saving. Pengguna hanya perlu bereksperimen untuk menemukan yang paling pas serta menghemat baterai lebih lama.