Teknoflas.com – Penggemar smartphone mutakhir bakal dimanjakan kehadiran dua produk anyar pada awal tahun 2016 mendatang yaitu Samsung Galaxy S7 dan Xiaomi Mi5. Menurut kabar yang beredar kencang di dunia maya, Galaxy S7 segera diperkenalkan Samsung pada ajang CES 2016 di bulan Januari. Sementara itu, Mi5 bakal menyusul perilisan di bulan Februari via ajang MWC.

image
Prediksi konsep Samsung Galaxy S7

Jika semua rumor terbukti benar, maka quarter pertama tahun 2016 langsung diramaikan pertarungan merek smartphone android ternama dunia. Siapa yang layak diperhitungkan?

Spesifikasi

Sebagaimana dilansir dari laman GizmoChina, Xiaomi Mi5 dibekali teknologi Quad HD resolusi 2560 x 1440 atau 2K pada layar ukuran 5.3 inci. Sedangkan resolusi kamera utama 16MP dan ditenagai baterao berkapasitas 3000mAh.

Samsung Galaxy S7 bakal tersedia dua versi layar yakni 5.2 inci dan 5.7 inci yang konon disebut sebagai S7 Edge. Semuanya mengusung kekuatan Super AMOLED dan diprediksi bakal keluar sebagai smartphone pertama Samsung yang mengusung resolusi 4K.

Kamera belakang Galaxy S7 tak bakal jauh berbeda dari Mi5, namun sejumlah rumor menyebutkan bakal dilengkapi teknologi dua lensa dan sejumlah fitur fotografi keren lainnya. Smartphone andalan Samsung menurut rencana ditenagai baterai lebih dari 3500mAh.

image
Prediksi konsep desain Xiaomi Mi5

Chip prosesor

Dilansir dari laman iDigitalTimes, Xiaomi Mi5 bakal diperkuat prosesor Snapdragon 820 dan memori RAM 4GB untuk kecepatan performa handal. Sementara rumor chip prosesor yang dikenakan oleh Samsung Galaxy S7 masih tertutup misteri. Ada yang menyebut SD 820 (hasil eksperimen Qualcomm & Samsung) hingga Exynos 8890 M1 yang sudah melewati benchmark AnTuTu. Terlepas dari ketidakjelasan, S7 bakal disokong memori RAM 4GB.

Platform

Xiaomi Mi5 dijalankan dengan sistem operasi buatan sendiri yang terinspirasi dari Android. Sedangkan Samsung Galaxy S7 bakal memakai TouchWiz yang kemungkinan besar terinspirasi langsung dari sistem operasi terbaru Google, yakni Android 6.0 Marshmallow.

Harga

Berbicara soal harga, maka Samsung Galaxy S7 dibanderol kurang dari $700. Sedangkan Xiaomi Mi5 yang menjadi pesaing terkuat ponsel buatan Korea Selatan dibanderol sekitar $400.

Memang masih terlalu dini membicarakan perbandingan kekuatan Samsung Galaxy S7 vs Xiaomi Mi5. Pastinya dua ponsel merek global ini bakal menjadi pusat perhatian pada quarter pertama tahun 2016.