Teknoflas.com – Seiring dengan meningkatnya teknologi, sejumlah orang mulai malas bergerak dan memilih lebih banyak menghabiskan waktu untuk tiduran atau duduk sambil berkutat dengan gadget. Menurut hasil penelitian, seseorang perlu meluangkan waktu olahraga sekitar 150 menit per minggu agar terhindar dari sejumlah penyakit.

image
efek negatif malas gerak

Para peneliti mengungkapkan enam efek berbahaya jika seseorang malas bergerak. Apakah itu?

1. Gangguan metabolisme

Malas bergerak membuat kecepatan metabolisme tubuh melambat. Dengan demikian, seseorang lebih rentan mengalami obesitas alias kegemukan yang justru mendongkrak munculnya sejumlah resiko penyakit yang membahayakan tubuh.

2. Penimbunan lemak

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, orang yang malas bergerak cenderung mengalami kenaikan berat badan karena tidak adanya kegiatan pembakaran lemak atau kalori. Oleh karena itu, jangan malas gerak atau olahraga ringan seperti berjalan atau jogging pagi.

3. Susah tidur

Malas bergerak membuat tubuh susah melepaskan hormon yang justru memicu seseorang susah tidur lebih nyenyak di malam hari. Tidak adanya aktivitas dan pembakaran energi mendorong seseorang lebih terjaga sepanjang malam.

4. Tekanan darah tinggi

Seseorang lebih rentan mengalami tekanan darah tinggi karena malas bergerak yang menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Dengan demikian, seseorang jadi lebih rentan mengalami kerusakan ginjal, stroke dan penyakit jantung.

5. Tulang rapuh

Menurut penelitian para ahli, malas bergerak menurunkan kekuatan tulang sehingga lebih rapuh daripada sebelumnya. Seperti diketahui, aktif gerak atau olahraga bakal menguatkan otot-otot sekitar tulang sehingga jauh dari bahaya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Stres

Malas bergerak justru membuat seseorang lebih rentan terhadap stres. Padahal aktif bergerak akan mendorong tubuh melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati jadi lebih baik. Stres harus dihindari karena termasuk salah satu pemicu yang bikin munculnya sejumlah penyakit berbahaya.