Teknoflas.com – Pengendara sepeda motor kini lebih selektif dalam memilih helm untuk dikenakan sehari-hari. Selain memandang fitur keselamatan dan kenyamanan melindungi kepala, sejumlah pengendara sekarang ini lebih memperhatikan bentuk desain dan grafis.

image
Tips Pilih Helm Berkualitas Dan Desain Bagus

Tak masalah membeli helm dengan bentuk motif yang modis penuh gaya, asalkan tak lupa fungsi utamanya sebagai alat perlindungan untuk kepala dari bahaya benturan aspal saat terjatuh dari sepeda motor. Berikut ini sejumlah tips bermanfaat memilih helm sepeda motor untuk keselamatan nyawa tanpa menyampingkan bentuk desain dan grafis seperti dilansir dari laman Otosia.

1. Pastikan helm terbuat dari bahan yang sudah terbukti aman melindungi kepala dari benturan keras. Serat resin atau kevlar merupakan bahan yang paling tahan benturan dibanding jenis lain. Bahan paling keras bakal mendongkrak perlindungan kepala lebih maksimal.

2. Pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala, tidak kelonggaran atau kesempitan. Helm terlalu sempit bikin pengguna kesakitan di bagian atas, kanan dan kiri kepala. Sedangkan helm terlalu longgar bikin pengendara tidak fokus karena terasa bakal lepas akibat tiupan angin kencang, selain itu potensi bahaya lebih besar ketika benturan terjadi.

3. Demi melindungi kepala saat berkendara dengan sepeda motor kesayangan, pilih helm tipe openface atau fullface. Keduanya sanggup melindungi semua bagian tempurung kepala dengan sempurna.

4. Selain memperhatikan bahan bagian luar, cek pula bagian dalam helm. Pilih bahan kain lembut yang mampu menyerap keringat secara optimal. Bahan bagian dalam yang lembut turut mempengaruhi tingkat kenyamanan pemakaian, terutama dalam jangka waktu lama.

5. Selain memperhatikan bahan bagian dalam, cek pula lapisan pengaman dan pastikan tebal untuk menyeimbangi bagian luar helm yang keras. Dengan demikian benturan bisa diredam jauh lebih baik lagi.

6. Helm harus dilengkapi tali pengikat yang kuat sehingga tidak mudah jatuh saat dibawa berkendara atau terjadi kecelakaan. Dengan begitu helm bisa melaksanakan fungsinya dengan baik, yakni melindungi kepala si pengendara sepeda motor.

7. Hampir semua produsen helm di Indonesia menjual produk yang sudah melewati uji keamanan standar alias SNI. Sebelum membeli helm yang ada di pasaran, pastikan tertempel stiker atau logo SNI yang sudah menjadi bukti bahwa produk tersebut memberi rasa aman bagi pengendara sepeda motor.