Teknoflas.com – Banyak perubahan terjadi pada tubuh wanita selama masa kehamilan, salah satunya menimpa bentuk dan kesehatan kulit. Mengapa demikian? Perubahan kadar hormon merupakan pelaku utama, tak hanya mempengaruhi kulit saja namun berdampak buruk bagi kesehatan kuku dan rambut.

image
5 Masalah Kesehatan Kulit Selama Hamil

Masalah kesehatan kulit selama masa kehamilan bakal hilang sendiri, terutama usai kelahiran buah hati. Tak perlu khawatir dengan perubahan kulit karena tak membahayakan kondisi bayi dalam kandungan. Sebenarnya menjaga kesehatan dan keindahan kulit selama masa hamil tidak begitu sulit, cukup dengan pola makan sehat.

Berikut ini lima masalah kesehatan kulit selama masa kehamilan yang kerap dikeluhkan wanita beserta cara ampuh mencegahnya seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (3/2/2016).

1. Stretch marks

Masalah kesehatan kulit yang lazim terjadi pada wanita selama masa hamil. Biasanya muncul di sekitar paha, pinggul dan perut. Memang benar tak ada pengobatan mujarab untuk menghilangkan stretch marks, tetapi rajin olahraga usai bersalin dan olesi kulit dengan lotion vitamin A merupakan cara ampuh memeranginya.

2. Varises

Varises selama masa hamil biasanya muncul garis-garis biru dan ungu sekitar area kaki. Meskipun tampak mengerikan, tak perlu khawatir dengan kondisi kesehatan. Permasalahan kulit ini hadir disebabkan aliran darah ekstra yang terkadang nyeri dan bikin tak nyaman. Sebenarnya varises bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin C dan terus memantau pertambahan berat badan agar tidak terlalu obesitas.

3. Jerawat

Peningkatan jumlah produksi hormon berdampak buruk pada kemunculan jerawat di sekitar kulit wajah. Kondisi ini tak perlu ditakuti karena cukup membersihkan kulit wajah di pagi dan malam hari dengan sabun lembut (mild soap). Selalu konsultasi ke dokter sebelum mencoba obat jerawat jenis apapun.

4. Kulit gatal

Kulit terasa gatal selama masa hamil disebabkan oleh pelebaran kulit. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga kelembaban kulit. Agar tidak terus menggaruk kulit yang memicu luka lecet, olesi saja area terinfeksi dengan krim dan lotion anti gatal. Minta rekomendasi langsung dari dokter demi hasil terbaik yang aman bagi ibu hamil.

5. Kulit menggelap

Kulit menggelap selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar, biasanya dikenal dengan sebutan ‘melasma’. Biasanya tanda-tanda hitam muncul di sekitar pipi dan dahi. Semua itu akibat pigmentasi dalam kadar tinggi. Masalah kesehatan kulit ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengoles lotion tabir surya lembut (mild sunscreen lotion).