Ilustrasi Burger, mypersonalhopper.net

Teknoflas.com – Apa yang anda bayangkan ketika mendengarkan binatang unta? Padang pasir? Negara arab? Tanah yang tandus? Atau laki-laki bersorban?

Selama ini kita mengenal unta sebagai binatang dengan dua punuk di punggungnya. Tidak hanya itu, binatang ini juga menjadi ikon binatang padang pasir yang mampu melewati terik tanpa kehausan. Tidak seperti sapi atau ayam, apabila anda mendengarnya, anda mungkin akan membayangkan makanan yang berbahan dua binatang tersebut.

Sayangnya, anda harus mulai membayangkan makanan dengan bahan unta sebagaimana membayangkan makanan yang terbuat dari sapi ataupun ayam.

Dari Ibu Kota Jodania, sebuah restoran menawarkan menu unik yang dikenal dengan camburger. Ya, sebuah burger. Yang unik dari burger ini adalah daging yang digunakan adalah daging unta. Restoran ini terletak di antara pertokoan dan kade di pusat kota Amman. Q, nama restoran itu, merupakan satu-satunya restoran yang menawarkan sajian daging unta.

Camburger diambil dari kata ‘camel’ yang berarti unta dan ‘burger’. Zeyad Al Qusous, pemilik restoran Q, menceritakan bahwa kehadiran camburger dapat menjadi sesuatu yang spesial untuk para turis Amman.

“Kami memikirkan sesuatu yang spesial untuk para turis kota Amman. Karena kebanyakan turis menyukai burger sapi dan burger ayam, maka kami memilih untuk membuat camburger, yakni burger dari daging unta,” ungkapQusous seperti dikutip dari Jerussalem Post.

Usaha Al Qusous ternyata berhasil. Banyak turis yang menikmati camburger karena keunikannya yang hanya didapatkan saat berkunjung ke Jordania. Bahkan, permintaan camburger lebih tinggi dari turis asing daripada orang arab sendiri.

Walaupun pertama di Jordania, Abu Dhabi juga menawarkan sajian burger unta lebih dulu. Sehingga hal tersebut membiuat Q menjadi restoran kedua yang menyajikan burger unta di wilayah Arab.

Tidak hanyau unik, burger unta dirasa lebih sehat dan banyak keuntungan dilihat dari rendahnya kandungan lemak dalam daging unta.

“Saya menyarankan menggunakan daging unta karena tidak akan terasa berat di perut. Selain itu daging ini juga lebih baik dibandingkan daging biasanya. Kira-kira 30 menit setelah makan daging ini, perut Anda tidak akan terasa penuh,” ujar Turkmani, seorang Chef Restoran Q.

Satu porsi menu burger sapi di restoran Q dijual dengan harga sekitar Rp 94 ribu. Sedangkan untuk burger unta, seharga Rp 190 ribu.