TeknoFlas.com – Pada acara konferensi pengembang aplikasi Apple World Wide Developer Congress (WWDC) 2013, Senin (10/6/2013), pihak Apple merilis sistem operasi komputer pribadi OS X versi 10.9 terbaru. OS tersebut diberi nama Mavericks (Mac OS X Mavericks).

Mac OS X Mavericks, Nama Apple OS X Versi 10.9

Craig Federighi yang juga Senior Vice President Software Engineering Apple menjelaskan, Mac OS X Mavericks memiliki sejumlah fitur baru ayng belum ada sebelumnya, antara lain kemampuan tab baru pada Finder untuk memudahkan pelacakan file di komputer Mac.

Penamaan Mac OS X Mavericks ini menandai era baru di Mac OS X setelah Apple menggunakan penamaan “kucing besar” untuk Mac OS X, seperti Tiger, Lion, atau Mountain Lion.

Menurut Federighi, OS X Mavericks, akan menjadi yang pertama dari nama-nama yang terinspirasi dari tempat Apple bermarkas di California, yang juga salah satu negara bagian AS.

Selain itu, Mavericks juga dilengkapi beberapa fitur lain seperti fitur manajemen password dengan iCloud Keychain, sehingga pengguna dapat menyimpan secara aman informasi pribadi seperti detail log-in, nomor kartu kredit, dan data penting lain yang memerlukan sinkronisasi antar-perangkat.

Mac OS X Mavericks sebagaimana sistem operasi Mac OS X sebelumnya juga akan tersedia untuk diunduh dari toko aplikasi online di Mac App Store. Versi developer Mac OS X Mavericks akan segera tersedia dalam waktu dekat, sementara untuk pengguna umum baru akan tersedia menjelang akhir tahun atau sekitar musim gugur di AS.