TeknoFlas.com – Beredar kabar bahwa Samsung memanipulasi uji benchmarking sehingga Samsung Galaxy S4 mendapatkan nilai terbaik di kelas smartphone android.

Samsung Galaxy S4 Bukan Smartphone Terbaik?

Informasi ini sebagaimana TeknoFlas kutip dari laman Apple Insider, Selasa (30/7/2013), diketahui dari sebuah laporan yang dilansir oleh seorang hacker asal Luxembourg. Data tersebut menyatakan bahwa sistem uji benchmarking yang dilakukan oleh aplikasi pihak ketiga ternyata bisa dimanipulasi oleh Samsung sehingga memberikan penilaian bagus untuk Galaxy S4.

Laporan dikeluarkan oleh Anand Lal Shimpi dan Brian Klug, dimana keduanya menguji sebuah handset Galaxy S4 yang dilengkapi dengan GPU Exynos 5 Octa SoC.

Diketahui bahwa perangkat besutan perusahaan smartphone asal Koea Selatan ini mampu mendeteksi jika perangkatnya digunakan untuk tes benchmarking. Maka, GPU Exynos 5 Octa SoC dengan segera mengaktifkan fitur clocking yang sebenarnya tak muncul dalam performa kerja normal Galaxy S4.

GPU Exynos 5 Octa pada kerja normal hanya berjalan dengan kecepatan 480MHz saja. Namun, ketika menjalankan program uji benchmarking, prosesor tersebut meningkatkan performanya hingga 532Mhz.

AnandTech mengungkap bahwa pihak Samsung tak pernah mempublikasikan seberapa cepat Exynos 5 Octa yang digunakan, jadi belum dapat dipastikan apakah Samsung telah melakukan manipulasi.

Memang, dalam berbagai uji benchmarking, perangkat Samsung Galaxy S4 selalu menjadi yang terbaik. Handset ini sering kali menjadi standar untuk membandingkan kemampuan smartphone Android lainnya.