Xiaomi Redmi 1S VS Himax Polymer Pilih Mana?

TeknoFlas.com – Persaingan dalam penjualan produk elektronik seperti gadget bukanlah hal yang baru terjadi. Dari persaingan tersebut, ada yang bersaing secara sehat ada juga yang tidak. Kali ini persainganterlihat dari Xiaomi Redmi 1S yang kini sedang populer, dan juga hadir Himax Polymer dengan harga dibawah Rp 2 juta namun memiliki spek kelas atas.

Kedua produk ini sama – sama melakukan penjualan dengan sistem online, yang mana pembeli harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum membelinya. Jika Xiaomi tidak mengeluarkan kode khusus untuk membeli produk tersebut. Berbeda dengan Himax polymer yang mengeluarkan H-Code bagi pendaftar di situs toko onlinenya yang artinya penerima H-Code dipastikan bisa membeli smartphone-nya seperti Himax Polymer.

Xiaomi Redmi 1S VS Himax Polymer
Xiaomi menerima semua registrasi pendaftaran yang akan membeli misalnya Xiaomi Redmi 1S. Namun dengan stok yang terbatas membuat pembeli harus cepat – cepata dalam emlakukan pendaftaran online, karena siapa yang cepat maka ia yang akan dapat.

Dari sisi layar, resolusi kedua smartphone harga murah ini sama-sama dibekali resolusi HD 1280×720 piksel namun berbeda ukuran layar. Xiaomi Redmi 1S mempunyai layar 4.7 inci sedangkan Himax Polymer mempunyai layar 5 inci dan masing-masing dilengkapi teknologi anto pecah Gorilla Glass dan IPS (In Plane Switching).

Dapur pacu antara Xiaomi Redmi 1S dan Himax Polymer sudah kelihatan berbeda jauh. Himax membekali Polymer dengan prosesor OctaCore 1.7GHz MediaTek MT6592 sedangkan Xiaomi Redmi 1S hadir dengan prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 400 prosesor Quad Core ARM Cortex-A7 kecepatan 1,6GHz. Tentu saja dari sisi prosesor ini Xiaomi Redmi 1S harus mengaku kalah dari Himax Polymer.

Dan pada memori RAM, Himax Polymer lebih unggul jika dibandingkan Xiaomi Redmi 1S. Himax polymer dibekali RAM besar 2GB sedangkan Redmi 1S memiliki RAM 1GB. Jelas berbeda, walaupun untuk RAM 1GB itu sama sekali tidak jelek. Kedua smartphone harga dibawah Rp 2 juta ini sama-sama dibekali kartu grafis untuk mempertajam tampilan desain grafis pada layar, masing-masing Adreno 305 untuk Redmi 1S dan Mali-GPU 450 MP4 untuk Polymer.

Baca Juga  Harga Xiaomi Redmi 1S Terbaru September 2014

Namun dari segi memori internal, Himax Polymer dan Xiaomi Redmi 1S sama-sama dibekali internal memori 8GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD melalui slot yang telah disediakan.

Dari segi kamera, Himax terlihat jauh lebih unggul. Himax polymer dibekali dengan kamera depan 5MP dan kamera utama 13MP yang dilengkapi autofocus, LED Flash dan sensor CMOS. Sedangkan Xiaomi Redmi 1S dibekali kamera depan dan juga kamera belakang 8MP. Meskipun hanya 8 MP namun hasil jepretan kamera ini cukup menakjubkan, seperti yang banyak diakui penggunanya dengan membagi hasil fotonya di Twitter. Spesifikasi 8MP kamera Xioami Redmi 1S dilengkapi autofokus aperture f/2.2 menggunakan sensor BSI (Back Side Iluminated) buatan Samsung yang dipadukan dengan lensa 28mm wide, LED flash.

Untuk menjalankan sistem operasinya, keduanya sama – sama mengusung OS Android seperti Himax polymer sudah menggunakan OS Android KitKat sedangkan Xiaomi Redmi 1S masih menggunakan OS Android jelly Bean yang diperbaharui melalui tampilan MIUI V5.

Kedua smartphone ini sama – sama membandrol harga di bawah Rp. 2 jutaan.  Xiaomi Redmi 1S dipasaran pada harga Rp 1.499.000 sedangakan Himax Polymer di jual pada harga Rp 1.999.000. Jelas harga Xiaomi Redmi 1S lebih murah dari harga Himax Polymer. Perbedaan sekitar Rp. 500 ribu dirasa wajar, melihat spek yang dimiliki Himax Polymer jauh lebih unggul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *