foto pengumuman UN SMA 2015
Ilustrasi pengumuman UN SMA 2015

15 Siswa Tingkat SMA/SMK Di Yogya Gagal Lulus UN 2015

Hari ini para siswa kelas XII tengah menunggu pengumuman UN SMA 2015. Ternyata tak semua nasib siswa akan berakhir bahagia nantinya, bahkan di Kota Yogyakarta sudah tercatat 15 siswa tingkat SMA/SMK yang tidak lulus di tahun 2015 ini. Dari jumlah itu, 10 siswa tingkat SMA dan 5 siswa tingkat SMK dinyatakan gagal, mereka harus mengulang lagi tahun depan.

“Menurut catatan kami, sebanyak 15 siswa di Kota Yogyakarta yang tidak lulus UN. Total ada 10 peserta didik tingkat SMA yang tidak lulus dan berasal dari empat sekolah swasta, sedangkan 5 peserta didik tingkat SMK yang berasal dari dua sekolah negeri dan tiga sekolah swasta,” ungkap Budi Santoso Asrori selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dikantornya, Jumat (15/05).

foto pengumuman UN SMA 2015
Ilustrasi pengumuman UN SMA 2015

Menurut pengakuan Budi, sejumlah siswa yang dinyatakan tidak lulus akibat sejumlah hal. Mulai dari pengajuan surat mengundurkan diri hingga tak boleh ikut ujian karena nilai tak memenuhi standar. “Untuk masalah kelulusan peserta didik, semuanya kami kembalikan ke pihak sekolah masing-masing. Kami dinas pendidikan hanya memberi laporan saja,” ungkapnya. (Baca: Surat Pengumuman Hasil UN SMA 2015 Segera Dibagikan)

Saat ditanyai oleh pengumuman kelulusan sendiri, Budi hanya mengatakan semua itu diserahkan langsung pada pihak sekolah terkait. Dirinya selaku perwakilan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta hanya mengimbau semua siswa merayakan pengumuman kelulusan dengan sejumlah kegiatan positif dan tak berkonvoi kendaraan di jalan raya.

“Semuanya kami serahkan langsung pada pihak sekolah masing-masing. Ada sekolah yang mengundang siswa dan orang tua dengan mengenakan pakaian adat untuk mengumumkan kelulusan, ada pula sekolah yang membawa siswanya pergi piknik supaya tidak konvoi. Sekali lagi, semua kebijakan kami kembalikan ke sekolah.” tutupnya.

Baca Juga  Inilah Tingkat Kelulusan UN SMA 2015 Di Jakarta

Pengadaan UN SMA kali ini tidak seperti tahun sebelumnya. Disini Ujian Nasional tak lagi menjadi satu-satunya patokan atau tolak ukur, sebab ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta didik. Uniknya, hasil UN SMA 2015 bisa digunakan sebagai bagian seleksi dasar untuk SNMPTN. Sementara siswa yang tidak lulus UN 2015 boleh mengikutinya lagi tahun depan, jadi tak ada lagi ulangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *