Patomskiy, Kawah Misterius (doc/merdeka.com)

Patomskiy, Kawah Aneh & Misterius Di Tengah Hutan Siberia

Teknoflas.com – Ada banyak fenomena alam yang menyimpan misteri, begitu pula dengan kehadiran Patomskiy yang merupakan sebuah formasi geologi di tengah hutan wilayah Irkutsk, arah tenggara Siberia. Bila dilihat dari atas, bentuknya mirip kawah, tetapi ada gundukan kecil tepat di bagian tengah.

Kehadiran kawah itu menyimpan misteri, terutama seputar asal-usulnya. Hingga kini, para peneliti dan ilmuwan belum mengetahui bagaimana Patomskiy terbentuk dan muncul di tengah-tengah hutan.

Patomskiy, Kawah Misterius (doc/merdeka.com)
Patomskiy, Kawah Misterius (doc/merdeka.com)

“Hingga kini, misteri asal-usul kawah Patomskiy masih belum diketahui. Namun kami bisa pastikan bahwa penyebab munculnya sangat duniawi dan bisa dijelaskan menurut pengetahuan,” ungkap ahli ilmu geologi dan mineralogi, Alexander Pospeev, yang meneliti situs tersebut seperti dilansir Teknoflas dari Siberian Times.

Menurut hasil pengamatan, bentuk Patomskiy memang menyerupai kawah namun bukan kawah yang terbentuk akibat erupsi vulkanik. Bahkan tim peneliti tak menemukan satupun materi vulkanik di situs tersebut.

Kawah misterius 2

Banyak pihak menyebut Patomskiy mirip kawah meteorit. Akan tetapi, tim peneliti juga tak menemukan sejumlah ciri-ciri kawah meteorit. Hanya bisa dipastikan bahwa kawah itu mulai terbentuk sekitar 250 tahun silam.

Kehadiran Patomskiy menyimpan misteri yang membuat bingung para peneliti. Seperti diketahui, pohon-pohon yang ada di sekitar Patomskiy mengalami tingkat pertumbuhan cepat dalam satu periode, sama halnya dengan hutan sekitar Chernobyl usai terjadi bencana nuklir yang mengejutkan dunia.

Kawah misterius 3

Beragam teori muncul seputar asal-usul Patomskiy, apalagi struktur kawah itu tergolong tidak biasa. Bahkan muncul teori dugaan bahwa ada keterlibatan mahluk luar angkasa. Sejumlah orang justru percaya Patomskiy merupakan lokasi para alien menyembunyikan pesawat UFO agar tidak terdeteksi manusia.

Kawah misterius 4

Akan tetapi, semua teori tentang mahluk luar angkasa dan pesawat UFO sudah dibantah oleh para peneliti yang sudah melakukan pengamatan mendalam. Mereka mengaku tak menemukan objek-objek mencurigakan di dalam Patomskiy.

Baca Juga  Misteri Batu Bleneng, Pemicu Kecelakaan Tol Cipali?

Para ahli pun mengemukakan teori baru yang menyebut adanya aktivitas vulkanik berbentuk gas, pemicu terbentuknya Patomskiy. Gundukan kecil di tengah kawah diperkirakan akibat pelepasan hidrogen langsung dari perut bumi. Hanya saja teori ini belum diketahui kebenarannya, butuh penelitian lebih mendalam guna pembuktian lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *