Bahaya Bug StageFright

3 Langkah Mudah Melindungi Smartphone Dari Bug Stagefright

Teknoflas.com – StageFright merupakan salah satu bug sistem operasi Android paling berbahaya yang ada dalam sejarah. Kehadiran bug tersebut membuat pengguna perangkat berlogo robot hijau itu dilanda kekhawatiran.

Itu bukan bug biasa sebab bisa dimanfaatkan oleh seorang hacker tak bertanggung jawab guna mengambil alih perangkat android hanya dengan mengirim pesan multimedia yakni MMS.

Bahaya Bug StageFright
Bahaya Bug StageFright

Menutur penuturan lembaga keamanan Zimperium, hingga kini belum ada satupun hacker yang berhasil memanfaatkan bug StageFright untuk tindakan melanggar hukum. Google selaku pengembang android telah menerbitkan patch update anyar untuk memperbaiki ‘lubang kosong’ yang disebabkan StageFright.

Bagi pengguna android yang cemas terhadap ancaman bug StageFright, ada langkah sederhana untuk mencegahnya, yaitu menonaktifkan fitur MMS di smartphone android, demikian dilansir Teknoflas.com dari laman Phone Arena (01/08).

1. Langkah pertama yaitu masuk ke aplikasi Messages atau Pesan kemudian dilanjutkan dengan menu Settings alias Pengaturan.

2. Langkah kedua yaitu masuk ke opsi Advanced/More Setting alias Pengaturan Lebih Lanjut. Pada opsi ini, pilih bagian Multimedia messages (MMS).

3. Langkah ketiga yaitu menonaktifkan pilihan menerima MMS secara otomatis, ada di bagian ‘Auto-retrive’. Pada sejumlah ponsel pintar android, menonaktifkan Auto-retrive hanya perlu menghilangkan tanda centang.

Dengan menerapkan tiga langkah sederhana di atas, pesan MMS tak akan langsung terunduh oleh perangkat android. Jadi, perangkat tak akan sembarangan mengunduh pesan MMS secara otomatis, kecuali si pemilik mengenali si pengirim.

Meningkatkan kewaspadaan terhadap bug StageFright di sistem operasi android sekaligus menekan kemungkinan ulah hacker tak bertanggung jawab yang mengambil data-data penting yang tersimpan di perangkat. Walaupun bug ini belum bisa dimanfaatkan seutuhnya oleh seorang hacker, tak ada salahnya mencegah sebelum terjadi hal tak diinginkan.

Baca Juga  Harga Nokia Lumia 720 Terbaru Juni 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *