Tips Mengemudi Irit BBM (doc/elcajondriving.com)

5 Tips Berkendara Mobil Yang Irit BBM Dan Ramah Lingkungan

Teknoflas.com – Harga bahan bakar minyak (BBM) yang semakin mahal membuat pengendara harus menyiasati agar dompet tak terus terkuras untuk mengisi tangki mobil. Salah satu cara yaitu mengusung konsep berkendara ramah lingkungan.

Metode eco driving atau mengemudi ramah lingkungan tak hanya bermanfaat bagi kondisi alam dan bumi, namun berdampak pada pemakaian BBM yang jauh lebih irit. Bagaimana caranya? Berikut lima tips mengemudi yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar dilansir Teknoflas.com dari Ford Driving Skills for Life (Ford DSFL).

Tips Mengemudi Irit BBM (doc/elcajondriving.com)
Tips Mengemudi Irit BBM (doc/elcajondriving.com)

1. Perencanaan perjalanan

Sebelum memutuskan mengemudi mobil, ada baiknya memikirkan segala macam hal termasuk kepenting berkendara dan jarak tempuh. Hindari mengemudi mobil saat jam-jam sibuk seperti pagi atau sore hari dimana kemacetan tengah berlangsung.

2. Periksa kondisi ban

Sebelum berkendara, coba periksa kondisi ban dan pastikan tekanan dalam keadaan cukup. Ban kurang tekanan justru memperlambat jarak tempuh sekitar 0,3 persen tiap 1 psi. Lihat stiker pemberitahuan yang tertempel di bodi mobil untuk mengetahui ukuran tekanan ban yang pas, entah itu berat kosong atau beban tambahan.

3. Hindari bawaan berlebihan

Jangan naikkan banyak barang bawaan berlebihan di dalam mobil. Perlu diingat, setiap kendaraan yang kelebihan muatan akan membuat pemakaian BBM lebih boros, yaitu sekitar 1%. Hal ini juga berlaku bila membawa penumpang melebihi kapasitas yang dianjurkan oleh pabrikan mobil, pertimbangkan faktor ini sebaik mungkin sebelum berkendara.

4. Cek akselerasi dan pengereman

Seperti diketahui, akselerasi dan pengereman yang tinggi akan menguras pemakaian BBM hingga 30%, efek lain yang ditimbulkan yaitu kerusakan pada kendaraan. Sebaiknya memacu mobil dalam kecepatan 60-80 kilometer per jam untuk efisiensi BBM dan menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Baca Juga  Cara Tepat Menarik Sepeda Motor Yang Mogok

5. Pakai AC dengan bijak

Siapa pun yang berada di dalam mobil tentu ingin merasa nyaman sejuk, tak mengheran AC pun dinyalakan. Akan tetapi, pemakaian AC justru menguras pemakaian BBM lebih banyak. Lebih baik mematikan AC bila mobil dipacu dengan kecepatan di bawah 80 kilometer per jam. Jika kepanasan dan gerah, buka saja jendela mobil agar ‘AC’ alami bisa menyejukkan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci Tips mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *