CARA MEMPERKECIL UKURAN FILE FOTO

6 Cara Memperkecil Ukuran File Foto Tanpa Ribet

TEKNOFLAS.COM – Jika dulu anda perlu pergi ke ahli pencetak foto untuk merubah ukuran foto, maka dengan adanya teknologi hal tersebut bisa dilakukan sendiri. Hanya berbekal aplikasi tertentu dan paham cara penggunaannya, file foto yang semula besar bisa langsung diperkecil. Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan, perlu tahu beberapa cara memperkecil ukuran file foto berikut ini.

Ubah Ukuran Foto Tapi Tetap Berkualitas

1. Microsoft Paint

Aplikasi bawaan dari perangkat Windows ini bisa jadi solusi untuk mengecilkan file foto. Anda bisa memulainya dengan klik menu File lalu pilih Open, kemudian pilih dokumen foto yang diinginkan. Arahkan kursor pada tombol Resize, setelah muncul kolom langsung kurangi dimensi gambar sesuai keinginan. Bila sudah selesai simpan file dengan klik File, Save As, lalu JPEG Picture.

2. Compressjpeg.com

Di zaman digital seperti ini anda perlu menguasai teknologi, walau tidak terlalu mendalam. Salah satunya mengubah ukuran gambar foto menjadi lebih kecil. Setidaknya anda tidak perlu kebingungan jika diminta foto secara mendadak. Adapun cara memperkecil ukuran file foto ialah menggunakan Compressjpeg.com, sebuah website gratis yang bisa ubah beragam size gambar.

Dalam penggunaannya anda perlu mengunjungi situs compressjpeg.com terlebih dahulu. Kemudian pilih menu Upload Files untuk mengupload berkas foto yang akan diubah ukurannya. Foto akan dikompres secara otomatis, setelah selesai barulah file bisa diunduh. Apabila ukuran foto masih dirasa besar, klik Setting lalu atur size di bagian quality selanjutnya download.

3. Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Bahkan anda bisa memiliki versi aslinya di perangkat komputer. Sekalipun tidak mempunyai software Adobe Photoshop di PC, anda tetap bisa mengaksesnya di photoshop.adobe.com. Jika di PC tool yang dimiliki lebih lengkap untuk keperluan desain grafis, sedangkan di website hanya edit foto sederhana.

Baca Juga  4 Aplikasi Bingkai Foto Untuk Edit Foto Terbaik di Android

Cara memperkecil ukuran file foto pertama klik File lalu pilih Open. Setelah pilih foto yang dimaksud, buka File lalu klik Export cari Save for Web. Muncul pop up window yang menunjukkan banyak pengaturan. Pastikan Preset yang digunakan JPG Medium dan Quality medium. Barulah atur Image Size sesuai kebutuhan, selanjutnya klik Save agar tersimpan di folder tertentu.

4. Resizeimage.net

Website ini bisa membantu anda untuk mengecilkan ukuran foto, tentu tanpa mengurangi kualitasnya. Cara pemakaiannya mudah pertama buka dulu situs tersebut, lalu upload gambar. Selanjutnya pilih menu resize gambar dan atur ukuran sesuai pixel yang dibutuhkan. Setelah menyesuaikan rasio gambar lalu atur kualitas gambar, klik resize image dan unduh hasilnya.

5. Photo & Picture Resizer

Cara mengubah ukuran foto di android bisa mengandalkan aplikasi ini. Anda bisa mengunduhnya di Play Store, setelah membukanya ada beberapa pilihan. Pilih Select Photos lalu klik ikon resize untuk mengecilkan gambar. Akan muncul daftar ukuran kemudian sesuaikan dengan dimensi yang diinginkan.

6. Picresize.com

Situs online edit foto ini memiliki fitur sederhana yang mudah untuk pemula. Pertama drag dan drop foto untuk memilih gambar yang akan di resize. Klik menu Continue to Edit Picture, pilih size gambar, ubah format file yang ingin akan disimpan, lalu pilih kualitas gambar. Selanjutnya klik “I’m done, resize my picture!” dan “Save to Disk”.

Mengubah ukuran foto diperlukan untuk kebutuhan tertentu, misalnya melamar pekerjaan. Ukuran foto yang terlalu besar terkadang tidak muat masuk dalam kolom pendaftaran online suatu perusahaan. Maka dari itu, anda membutuhkan beberapa aplikasi dan website edit foto untuk memperkecil ukuran gambar.

Baca Juga  Simpel Dan Mudah, Berikut 3 Cara Membuat Video Dari Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *