asam mefenamat untuk sakit gigi

Seberapa Ampuh Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi?

TEKNOFLAS.COM – Banyak orang yang memilih menggunakan Asam Mefenamat untuk sakit gigi. Sebab, Asam Mefenamat memang dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi yang menjadi penyakit paling tidak mengenakkan di dunia ini. Lalu, sebenarnya seberapa ampuh sih penggunaan Asam Mefenamat untuk menyembuhkan atau paling tidak meredakan sakit gigi?

Asam Mefenamat itu sendiri adalah jenis obat yang tergolong antiinflamasinonsteroid (OAINS) yang memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri di tingkat ringan hingga sedang. Obat jenis ini juga bisa dibilang mampu meredakan peradangan yang ditimbulkan oleh beberapa penyakit tertentu.

Asam Mefenamat bekerja dengan cara menghambat produksi enzim yang bernama cyclo-oxygenase (COX) yang berfungsi untuk mengurangi produksi prostaglandin. Karena Asam Mefenamat dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri yang berlebihan, maka dari itu obat ini juga sering digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi.

Jadi, seberapa ampuh Asam Mefenamat untuk sakit gigi?

Selain Paracetamol, para pasien sakit gigi juga sering memilih menggunakan Asam Mefenamat untuk mengobati sakit giginya. Namun, sebenarnya seberapa ampuh sih Asam Mefenamat untuk mengobati sakit gigi?

Jika dibandingkan dengan Paracetamol, Asam Mefenamat bisa dibilang jauh di atasnya. Pasalnya, jika Paracetamol hanya bisa meredakan rasa sakit atau nyeri yang sedang dirasakan sang pasien, Asam Mefenamat bisa kamu gunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri dan peradangannya juga. Jadi, bisa dibilang Asam Mefenamat sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi.

Selain itu, alasan mengapa Asam Mefenamat terbilang lebih ampuh jika dibandingkan dengan Paracetamol adalah biasanya penggunaan Paracetamol untuk mengobati sakit gigi akan lebih ampuh bila dikombinasikan dengan obat anti-peradangan nonsteroid, sedangkan dengan menggunakan Asam Mefenamat sebagai obat sakit gigi, kamu sudah tidak perlu lagi mengkombinasikannya dengan obat lain.

Baca Juga  Fakta dari Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi yang Perlu Kamu Ketahui!

Selain sakit gigi, Asam Mefenamat juga bisa digunakan untuk beberapa penyakit lainnya

Meskipun Asam Mefenamat lebih dikenal sebagai obat sakit gigi, akan tetapi kenyataannya Asam Mefenamat juga biasanya digunakan untuk mengatasi atau mengobati beberapa penyakit di bawah ini:

• Nyeri sakit gigi
• Nyeri menstruasi yang berlebihan (lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter)
• Nyeri otot dan sendi
• Sakit kepala yang cukup parah (lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter)
• Nyeri pascaoperasi
• Nyeri melahirkan
• Nyeri yang disebabkan oleh cedera

Efek samping Asam Mefenamat

Karena Asam Mefenamat tergolong obat yang berdosis tinggi, jadi obat ini memiliki efek samping yang jika dibiarkan terus akan menjadi serius. Apa sajakah efek samping yang dimiliki Asam Mefenamat?

• Gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah, diare, dan penyakit sejenis ini lainnya
• Sakit kepala dan pusing
• Jantung berdebar
• Sesak napas
• Kulit terasa gatal atau bahkan muncul ruam
• Pandangan kabur
• Sariawan
• Bagi penderita penyakit asam lambung (GERD), Asam Mefenamat juga dapat menyebabkan iritasi lambung, pendarahan usus, dan tukak lambung
• Dan yang paling parah adalah gangguan fungsi ginjal dan hati

Jadi, sebelum menggunakan Asam Mefenamat untuk mengobati sakit gigi atau penyakit nyeri lainnya, lebih baik kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan seorang dokter supaya efek samping seperti yang di atas tidak terjadi ke dirimu.

Bagaimana, sudah menemukan jawaban dari pertanyaanmu belum? Kesimpulan dari artikel ini adalah penggunaan Asam Mefenamat untuk sakit gigi termasuk ampuh namun kamu tidak boleh mengonsumsi obat ini secara berlebihan, dan jika kamu memiliki riwayat penyakit lainnya, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Juga  3 Jenis Pasta Gigi Alami Untuk Dapatkan Gigi Putih Bersih

Leave a Reply

Your email address will not be published.