Apakah Normal Bayi 8 Bulan Belum tumbuh Gigi?

TEKNOFLAS.COM – Bagi sebagian orang tua pasti merasa cemas dan khawatir jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi. Apalagi di usia tersebut, bayi akan memperlihatkan perkembangannya yang pesat. Pertumbuhan gigi bayi secara umum dimulai pada usia 4 hingga 7 bulan. Pertumbuhan tersebut diawali dengan tumbuhnya gigi seri di bagian bawah tengah. Lantas apakah normal jika di usia 8 bulan bayi belum ada tanda pertumbuhan gigi? Tenang saja, hal itu normal kok.

Tumbuh kembang setiap bayi sangat berbeda-beda, begitu pula gigi yang tumbuh. Di setiap kasus, ada bayi yang baru lahir sudah tumbuh gigi, bahkan ada juga bayi berusia satu tahun belum tumbuh gigi. Apalagi bayi 8 bulan itu adalah hal yang normal.

Faktor Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Akan tetapi, jika dalam 18 bulan belum terdapat tanda tumbuh gigi, segera periksa ke dokter anak untuk mengetahui faktor yang menghambat tumbuhnya gigi. Berikut ini adalah faktor yang harus diketahui:

Faktor genetik

Bayi yang pertumbuhan giginya terlambat bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Apabila terdapat anggota keluarga yang juga mengalami riwayat pertumbuhan gigi yang terlambat, maka bayi akan mengalami hal yang sama, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, faktor genetik sangat berperan penting dalam proses tumbuhnya gigi pada bayi.

Kekurangan gizi

Selain menghambat proses tumbuh kembang bayi, kurangnya gizi atau nutrisi juga bisa lho menghambat pertumbuhan gigi. Hal ini karena kurangnya air susu ibu (ASI). ASI sangat penting karena terdapat kalsium yang akan membantu dalam pertumbuhan gigi dan tulang. Selain ASI, susu formula juga penting, karena mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat, seperti fosfor, kalsium, dan vitamin ACD

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Demam Bayi Tumbuh Gigi

Penyakit tertentu

Kondisi medis yang dialami bayi juga menjadi faktor penting dalam pertumbuhan gigi, misalnya bayi mengalami hipotiroidisme atau anondontia. Hipotiroidisme adalah kondisi kelenjar yang tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Kondisi ini akan berpengaruh pada suhu tubuh, detak jantung, dan metabolisme. Apabila kelenjar ini kurang aktif, maka besar kemungkinan proses perkembangan bayi akan terlambat.

Sementara itu anondontia merupakan kelainan pada gigi, yang mengakibatkan gigi susu dan gigi permanen tidak akan tumbuh sama sekali.

Adapun terdapat cara-cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penumbuhan gigi, seperti:

Memberikan vitamin D dan kalsium.
Berdasarkan jurnal yang telah diterbitkan, kalsium akan diserap oleh vitamin D. Kalsium ini sangat berguna dalam pembentukan gigi yang disebut juga proses mineralisasi. Selain itu, serat-serat yang ada di gigi juga akan dilapisi oleh kalsium yang nantinya akan memperkuat gigi.

• Memberikan finger foods
Salah satu makanan pendamping ini teksturnya padat, jadi tidak ada proses dilumat atau dilembutkan. Makanan bertekstur padat ini akan membantu bayi untuk menggigit makanan yang mereka terima.

• Gunakan teehter untuk bayi
Biarkan si bayi menggigit mainannya, karena itu juga dapat membantu bayi supaya belajar menggigit. Namun, kamu juga harus memperhatikan bahan teether saat memilih mainan, pastikan mainan tersebut tidak terbuat dari BPA.

• Membersihkan gusi bayi
Sebelum tidur, terlebih dahulu kamu harus membersihkan gusi bayi menggunakan kasa yang telah dibersihkan. Selain kondisi mulut tetap higienis, membersihkan gusi juga dapat membantu proses pertumbuhan gigi. Cara ini akan berdampak pada peredaran darah pada gusi bayi dapat menjadi lebih lancar.

Nah, jadi jangan khawatir jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi. Kamu juga bisa melakukan cara-cara di atas untuk mempercepat proses pertumbuhan gigi pada bayi. Semoga membantu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *