Perjuangan Kakek Winnie The Pooh alias Suaedi (75), warga Mojokerto mencari nafkah dengan cara mengemis modus baru telah sukses menipu banyak orang yang merasa iba padanya. Dengan mengaku stroke dan akting menangis, dia pun menerima uang dari para warga yang mengunjungi Lippo Mall Sidoarjo, Jawa Timur.

“Dulu saya pernah ngasih duit Rp 50 ribu. Apalagia dia tampangnya memelas dan tengah menuntun anak kecil berusia 5-6 tahunan,” ucap Sony, warga Sidoarjo yang mengaku tertipu dengan penampilan si pengemis kaya tersebut.

Kakek Winnie The Pooh
Modus Kakek Winnie The Pooh Terbongkar! (doc/tribunnews.com)

Kisah hidup kakek bernama Suaedi ini mulai terkenal saat seorang pendengar salah satu stasiun radio lokal Surabaya menceritakan pengalaman bertemu dengan si kakek yang mengaku hidup sebatang kara. Cerita tersebut mengundang rasa kasihan dan simpati.

Namun, fakta kebenaran justru diungkap oleh Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo. Ternyata Kakek berkostum Winnie The Pooh itu tengah ‘berakting’ demi mendapatkan lembaran rupiah. Di depan petugas yang mengamankannya, dia mengaku trik ini bertujuan mencuri rasa iba dari orang lain dan memperoleh banyak uang dari sekedar mengemis biasa. (baca: Dalam Setahun Kakek Pengemis Bisa Beli Rumah & 2 Motor)

Dengan menjalani profesi mengemis, Kakek Winnie The Pooh itu sanggup mengantongi uang Rp 500 ribu per hari. Semua itu diperoleh dari belas kasih orang lain yang tertipu dengan aktingnya sebagai penderita stroke dan berprofesi badut.

Saat diamankan pertama kali, dia mengaku sebagai warga gresik. Namun investigasi Liponsos menyebutkan bahwa si kakek ini memiliki rumah mewah, lima anak, tujuh istri dan kondisinya sehat bugar alias bukan penderita stroke.

“Usai kesehatannya di cek, ternyata dia nggak sakit stroke. Berdasarkan KTP, dia warga Mojokerto dan sudah kita serahkan ke Dinsos. Si kakek sudah pulang dari hari Senin pagi (15/6), dijemput oleh salah satu anaknya,” ucap Dayat, petugas Liponsos kepada wartawan.

Dayat mengatakan, Suaedi enggan pulang ke rumah bila penghasilan hariannya kurang dari Rp 500 ribu. “Dalam setahun mengemis, si Kakek Winnie The Pooh sudah bisa beli rumah di Mojokerto, motor matik dan motor Yamaha Vixion. Bahkan istrinya ada tujuh,” ucapnya. (baca: Kakek Pengemis Raup Rp 500 Ribu/Hari Karena Winnie The Pooh)

Saat akan dibawa petugas, istri ketujuh Suaedi juga ikut diamankan karena terlibat dalam praktik kotor ini. Bahkan tugas sang istri yaitu mengamati pergerakan sang suami dari kejauhan.