Menjadi daerah paling timur dari Pulau Jawa tentu memiliki keistimewaan tersendiri, salah satunya adalah pesona pantainya yang patut dilirik oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Lima pantai di Jawa Timur berikut dapat menjadi rekomendasi untuk dikunjungi oleh anda.

1. Pantai Popoh di Tulungagung

popoh
www.eastjava.com

Pantai Popoh adalah salah satu pantai yang cukup menawan di Tulungangung. Berlokasi di sebelah selatan kota Tulungagung, pantai ini berbentuk teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Gunung yang seolah-olah mengitari kawasan pantai menjadi pesona yang dapat anda dapat di di sini. Tidak heran jika pada hari libur, Pantai Popoh Tulungagung dipenuhi oleh turis baik dalam maupun luar negeri. Anda hanya perlu membayar 3 ribu rupiah untuk dapat masuk dan menikmati keindahan yang tak terlupakan.

2. Pantai Pasir Putih di Situbondo

pasir putih
surabaya.panduanwisata.id

Hamparan pasir putih yang cukup luas menjadikan Pantai di Situbondo ini memikat para wisatawan. Letaknya strategis, di antara Surabaya – Banyuwangi. Jika anda melakukan perjalanan menuju Bali atau Gunung Bromo, tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini. Anda dapat menyewa perahu untuk berkeliling di pantai dan menikmati panorama pasir putih.

3. Pantai Pelang di Trenggalek

Pantai-Pelang-Trenggalek
www.initempatwisata.com

Terletak di kecamatan Panggul, Trenggalek, pesona pantai ini begitu memikat dengan hamparan pasir dan bebukitannya. Pantai ini termasuk pantai yang jarang ‘disentuh’ oleh manusia, sehingga pantai ini tergolong pantai alami. Sensasi menaiki bukit dan menikmati pemandangan pantai dari atas pastinya menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Tidak hanya itu, sekitar 30 meter dari pantai terdapat air terjun yang memberikan batas antara Pantai Pelang dan pantai lain di dekatnya. Tidak perlu cemas, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 7.500 untuk menikmati Pantai yang berada sekitar 56 km dari pusat kota ini.

4. Pantai Puger di Jember

puger
www.initempatwisata.com

Dari Trenggalek, kita beralih ke kota Jember. Kota ini juga memiliki pantai yang cukup diminati oleh wisatawan baik lokal maupun luar. Pantai Puger adalah tempat wisata di Jember yang paling ramai dikunjungi. Objek wisata satu ini menyajikan kegiatan memancing sebagai daya tariknya. Di sana, anda juga akan menjumpai tempat pelelangan ikan yang menjual ikan-ikan segar. Tidak hanya itu, Cagar Alam Watangan juga memiliki pesona air kucur yang patut dilirik para wisatawan. Untuk dapat masuk, anda harus membayar tiket sebesar Rp 3 ribu per orang. Pada saat hari libur, harga tiket berubah menjadi Rp 5 ribu.

5. Pantai Bandealit di Jember

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
www.wisatajatim.info

untuk anda yang menyukai olahraga air, Pantai ini sangat pas untuk dipertimbangkan. Masih berlokasi di Jember, pantai ini juga menyediakan perlengkapan untuk body surfing. Pantai ini juga termasuk dari kawasan Taman Nasional Meru Betiri, dan tentu saja Pantai Bandealit adalah termasuk objek wisata yang paling diminati di kawasan itu.