Jangan Langsung Merapikan Kasur Saat Bangun Tidur!

Make-Up-Room-and-Bed-Merapikan-kamar-tidur

Teknoflas.com – Mungkin anda kesal jika anak tidak terbiasa membereskan kamar tidur setelah bangun. Sepertinya anda harus membaca berikut ini hingga tuntas. Karenamenurut laporan penelitian terbaru, kebiasaan tersebut justru bertolak belakang dengan anjuran untuk ‘anak yang baik’ itu.

Ternyata anda justru disarankan agar tidak buru-buru untuk membereskan ranjang seketika bangun dari tidur. Dengan Langsung membereskan tempat tidur, hal tersebut diduga malah buruk untuk kesehatan Anda.

Seperti dikutip dari Huffington Post : apabila Anda buru-buru membereskan ranjang,  seprai yang terpasang kencang akan memperangkap tungau dan debu di dalam kasur.

Sedangkan ranjang yang belum dibereskan dan dibiarkan terbuka akan sebaliknya. Makhluk-makhluk yang tak terlihat itu akan terkena udara terbuka. Belum lagi sinar matahari akan membuat tungau jadi dehidrasi.

Tungau ialah makhluk yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun diperkirakan ada sekitar 1,5 juta yang hidup di ranjang bersama saat anda tidur semalaman. Jika mereka makan remah-remah sel kulit mati, keringat dan inilah yang bisa memicu asma dan masalah alergi.

Mengutip Good Housekeeping, Dr Stephen Pretlove yang merupakan peneliti dari Kingston University beberapa waktu lalu mengatakan tungau suka hidup di tempat yang lembab dan hangat.

Carolyn Forte, seorang direktur laboratorium kebersihan di Instirut Good Housekeeping, juga mengatakan demikian. Memang karena tungau ada dimana-mana, sebenarnya meninggalkan ranjang dibereskan atau belum dibereskan tidak memberi banyak pengaruh. Anda disarankan untuk membereskan tempat tidur setelah sarapan dan siap memulai hari adalah waktu yang paling pas. “Jangan lupa pula untuk mengganti seprai setiap satu atau dua pekan dan jangan lupa untuk mengganti sarung bantalnya juga.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *