kofe

Teknoflas.com – Anda lebih suka mana, kopi dingin atau panas?

Perdebatan antara mana yang lebih nikmat antara kopi disajikan dingin atau panas masih belum usai. Namun, jika ditanya mengenai mana yang lebih sehat, baru-baru ini terdapat penelitian yang mungkin dapat membantu.

Mengutip dari Thrillist, ternyata kopi yang disajikan dingin dinilai lebih sehat dibanding kopi panas.

Kopi dingin dirasa tidak memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dibanding kopi panas. Kandungan asam yang terdapat dalam kopi dingin sekitar dua pertiga lebih rendah dibanding kopi panas biasa. Hal tersebut dikarenakan air panas dapat mengeluarkan asam pekat dari dalam kopi.

Kopi panas dinilai berisiko untuk dinikmati oleh para penderita mag atau lambung yang lemah. American Heartburn Alliance mengatakan bahwa sekitar 75 persen penderita mag merasa tidak nyaman saat minum kopi panas. Oleh karena itu, penderita mag sebenarnya tak disarankan untuk menikmati kopi. Tapi tetap saja, mereka akan mencari-cari alasan untuk menikmati kopi.

Adanya keluhan mulas ketika meminum kopi sangatlah wajar, karena kopi dapat meningkatkan asam lambung. Bahkan, hal ini juga dikaitkan dengan penyakit asam lambung dan kanker kerongkongan.

Kopi dingin dinilai aman bagi perut. Selain itu juga aman untuk penampilan, mengingat kopi berpotensi membuat gigi menguning. Meminum kopi dingin diklaim aman dan tidak membuat gigi menjadi kuning walaupu dikonsumsi dalam waktu lama.

Kopi yang disajikan dalam keadaan dingin tidak mengubah cita rasa. Bahkan, cenderung memperkuat dan memperdalam cita rasa kopi itu sendiri. Bagi anda yang merasa kopi dingin tidak menambah semangat anda dalam memulai hari, jangan khawatir. Kopi dingin lebih banyak kafein daripada kopi panas, anda akan tetap memulai hari dengan semangat walaupun menikmati kopi dingin.