Teknoflas.com – Ternyata penyebab kebakaran hutan di Riau tak hanya akibat faktor cuaca atau alam saja, ada ulah tangan manusia tak bertanggung jawab yang turut terlibat. Berdasar keterangan sejumlah media, ada sekitar 16 perusahaan yang berperan besar dalam bencana asap.

image
penyebab kebakaran hutan di riau

Fakta ini turut dibenarkan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sedang menyelidiki perihal keterlibatan sejumlah perusahaan dalam pembakaran hutan dan lahan. Hanya saja baru enam perusahaan yang telah diverifikasi untuk pembuktian titik api.

Nantinya semua perusahaan harus melakukan pembuktian langsung apakah ada unsur kelalaian atau ketidaksengajaan. Verifikasi juga bertujuan untuk mengetahui kerusakan lingkungan dan kerugian ekologi akibat kebakaran hutan. Berdasarkan hasil pantauan via Karhutla Monitoring System (KMS), ditemukan titik panas di sekitar area 39 perusahaan Riau.

Sayangnya masih belum diketahui pasti apakah titik panas tersebut merupakan bagian dari titik api. Bagi perusahaan yang terbukti ikut terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan, maka pemerintah siap menjatuhkan sanksi seperti yang diutarakan Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

Perusahaan yang menjadi penyebab kebakaran hutan di Riau tak hanya menerima sanksi administratif, namun dijatuhi hukuman yang lebih berat yakni pencabutan izin usaha. Pemerintah tentu tak ingin peristiwa yang sama kembali terulang lagi karena merugikan warga masyarakat dan berdampak buruk bagi negara lain.

Penyebab kebakaran hutan di Riau juga bisa terjadi di daerah lain yang berpotensi tinggi mengalami pembakaran hutan dan lahan. Tak hanya menyalahkan faktor alam saja, terkadang keserakahan manusia turut andil dalam perusakan lingkungan yang berpengaruh langsung pada kehidupan masyarakat umum.