Teknoflas.com – Apa sih penyebab speedometer sepeda motor tak berfungsi alias mati total? Seperti diketahui, fitur itu berperan penting dalam mengukur kecepatan kendaraan roda dua dan empat sehingga pengendara dapat mengaturnya sebagai bagian dari keselamatan berkendara.

image
penyebab speedometer mati atau rusak

Speedometer rusak biasanya ditandai dengan sejumlah pertanda seperti jarum tak bergerak meski motor terus di gas atau jarum bergerak naik turun saat melaju di jalan. Berdasarkan sejumlah kasus, ada empat penyebab speedometer sepeda motor tak berfungsi sama sekali alias rusak.

1. Cowak’an tromol rusak parah justru berakibat fatal. Speedometer tak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik akibat gagal memutar kabel. Oleh karena itu, harap segera diperbaiki agar speedometer dapat berfungsi seperti sediakala. Perbaikan hanya bisa dilakukan oleh montir bengkel.

2. Gear speedometer rusak atau aus tak boleh dibiarkan begitu saja karena menyebabkan gangguan pada speedometer. Oleh karena itu, pemilik motor harus memastikan gigi nanas masih terpasang rapi sesuai alurnya. Jika ukurannya mengecil atau aus, berarti sudah waktunya melakukan pergantian.

3. Seiring lamanya pemakaian maka kabel speedometer berkarat dan mudah putus. Mengapa bisa berkarat? Air yang masuk ke dalam kabel jadi penyebab utama. Oleh karena itu, jangan bawa motor saat hujan lebat disertai angin dan hati-hati saat mencucinya.

4. Selain pengaruh teknis mesin, speedometer rusak juga akibat cara mengendarai sepeda motor yang salah. Pengendara tak boleh ugal-ugalan saat berkendara di jalan raya apalagi dalam jangka waktu lama yang justru merusak kabel speedo. Pengendara juga tak boleh memacu kencang kendaraan saat melaju di jalan rusak, biasanya kabel putus akibat guncangan tak tentu.