cara memperkecil ukuran file foto dengan aplikasi

5 Cara Memperkecil Ukuran File Foto dengan Aplikasi Gratis

TEKNOFLAS.COM – Kehadiran teknologi sangat membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaan kecil. Salah satunya seperti mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. Tidak perlu lagi mengandalkan orang lain, anda bisa melakukannya sendiri dengan aplikasi tertentu atau website edit foto. Untuk cara memperkecil ukuran file foto anda bisa gunakan rekomendasi beberapa aplikasi berikut ini.

Tentukan Dimensi Gambar Sendiri Sesuai Kebutuhan

1. Photo Scape

Program editing foto ini dikembangkan oleh perusahaan asal Korea bernama MOII Tech. Keberadaannya bisa anda temukan di Google Play Store yang diunduh lebih dari 1 juta kali. Fitur yang tersedia hampir mirip seperti Adobe Photoshop, bedanya sedikit lebih ramah untuk pemula. Aplikasi ini biasa digunakan oleh para selebgram untuk keperluan posting di instagram.

Pertama anda perlu download Photo Scape lebih dulu, kemudian buka aplikasinya. Klik menu Editor di bagian atas lembar kerja. Ketuk Open File untuk memilih foto yang akan di ubah ukurannya. Cari dan klik resize lalu atur ukuran serta rasio yang diinginkan, klik OK. Save foto yang telah di resize, beri nama file, dan pilih lokasi penyimpanan.

2. Photo Compress & Resize

Cara memperkecil ukuran file foto bisa menggunakan smartphone yang anda miliki. Lewat aplikasi Photo Compress & Resize anda dapat memotong file JPG. Aplikasi ini bisa melakukan dua fungsi sekaligus, melakukan kompres foto dan resize foto. Biasanya ketika anda membuka aplikasi ini, langsung disuguhi kolom untuk memilih fitur yang dibutuhkan.

Langkah penggunaannya pertama pilih Resize di halaman pertama, upload foto yang anda inginkan. Atur ukuran foto sekaligus menentukan presentase sesuai kebutuhan. Klik Start Resizing maka setelahnya gambar akan otomatis tersimpan. Cara ini mudah dilakukan karena bawaan program aplikasinya yang user friendly, jadi meski bukan ahlinya tetap bisa melakukan editing.

Baca Juga  Simpel Dan Mudah, Berikut 3 Cara Membuat Video Dari Foto

3. Paint

Bagi pengguna Microsoft pasti familiar dengan nama perangkat lunak satu ini. Cara mengubah ukuran gambar foto dengan Paint terbilang mudah. Fitur-fitur di dalamnya tidak sulit untuk dipahami, selain itu anda sudah terbiasa memakai Windows dalam jangka lama. Software bawaan laptop ini juga bisa melakukan resize gambar, terutama mengecilkan foto.

Pertama anda perlu membuka program Paint terlebih dahulu. Pada menu bar File klik Open kemudian pilih gambar yang akan di resize. Setelah gambar muncul pada kolom kerja, pilih menu Home dan klik Resize. Kemudian atur ukuran horizontal dan vertikal guna menyesuaikan gambar. Centang maintain aspect ratio agar foto tetap pada rasio aslinya dan tampak proporsional.

4. iLoveIMG

Menggunakan aplikasi iLoveIMG paling mudah melalui laptop atau komputer. Pertama klik menu Select Images untuk memilih foto yang akan dikecilkan. Selanjutnya tinggal klik Compress Images agar foto bisa langsung disesuaikan. Cara mengubah ukuran gambar foto ini sangat mudah, setelah hasilnya tampak tinggal diunduh saja.

5. Tiny JPG

TinyJPG memiliki tool yang sederhana dan mudah dipelajari. Anda hanya perlu mengunggah gambar yang akan dikecilkan. Ketika membuka aplikasi ini akan terlihat kolom drop your image, disitulah anda bisa memilih gambar. Kemudian proses compress akan berjalan otomatis dan tinggal unduh hasilnya di tombol download.

Untuk mengubah ukuran foto tidak harus diserahkan ke ahlinya dan membayar biaya sedikit mahal. Anda bisa melakukannya sendiri melalui beberapa aplikasi yang tersedia. Bahkan beberapa perangkat lunak yang direkomendasikan tidak berbayar alias gratis. Cara memakai fiturnya pun rata-rata sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *